7 Rekomendasi Ruangan Open Plan; Luas dan Nyaman

7 Rekomendasi Ruangan Open Plan; Luas dan Nyaman

Ruangan dengan konsep open plan kini mulai banyak diminati untuk menciptakan suasana luas pada ruangan di dalam rumah. Umumnya, beberapa rumah minimalis menggunakan konsep ini agar setiap sudut rumah tampak luas dan memiliki banyak ruang gerak. Namun, hampir setiap hunian mulai menggunakan konsep ini. Selain memberikan efek luas, ini dapat meminimalisir biaya dan kamu dapat mengeksplor banyak ruangan. Flokq memberikan beberapa rekomendasi ruangan open plan yang dapat menginspirasi kamu akan seperti apa ruangan open plan impianmu di sini.


baca juga: 8 Rekomendasi Kost di Dekat AEON Mall BSD yang Nyaman


1. Open Plan dengan sekat furniture

Salah satu rekomendasi ruangan open plan yang dapat kamu terapkan adalah menggunakan sekat furnitur. Kamu dapat menggunakan furnitur sebagai sekat untuk menciptakan ruangan open plan milikmu. Beberapa menggunakan kursi atau lemari terbuka untuk memisahkan ruang tengah dan ruang tamu. Jadi kamu masih memiliki privasi jika harus menerima tamu. Kamu juga dapat menggunakan furnitur lain seperti lukisan di dinding atau hiasan meja sebagai penanda ruangan di rumah kamu. Hal tersebut juga akan menjadi penegas fungsi setiap ruangan.

2. Gaya Industrial

Kamu dapat menerapkan konsep industrial untuk menciptakan ruangan open plan di rumah. Dengan menyatukan area dapur, ruang makan, dan ruang tengah menjadi satu tanpa perlu memberi sekat. Kamu dapat menyisakan ruang untuk tangga yang akan menghubungkanmu ke lantai dua atau hanya menggunakan tiang penyangga. Konsep ini cukup sederhana sehingga kamu tidak perlu menggunakan banyak barang sebagai sekat.

3. Split Level

Atau, kamu dapat menerapkan konsep split level. Konsep ini merupakan konsep dimana kamu harus memisahkan dua ruangan menggunakan tangga dan membuat salah satu ruangan lebih rendah dari ruangan lainnya. Seperti yang ada pada gambar, Ini akan memudahkan kamu mempertegas fungsi setiap ruangan tanpa harus menaruh sekat atau furnitur lainnya. Selain itu, ruangan kamu akan terlihat lebih luas dan lebar dengan menempatkan tangga kecil di antara ruangan.

4. Tanpa Sekat

Konsep selanjutnya adalah ruangan open plan tanpa sekat. Konsep ini hampir mirip dengan konsep industrial namun pada konsep ini kamu tidak menaruh furnitur apapun sebagai pemisah. Konsep ini murni menyatukan dua tempat di dalam satu ruangan. Kamu dapat menempatkan ruang tengah dan ruang makan menjadi satu tanpa pemisah. Ini akan membuat rumah kamu terlihat luas dan memiliki banyak ruang gerak. Selain itu, konsep ini juga cocok jika rumah kamu menggunakan kaca pada salah satu sisi dinding.

5. Sekat Kaca

Konsep lainnya adalah menggunakan sekat kaca. Kamu dapat membuat ruangan open plan dengan menambahkan sekat kaca sebagai pemisah. Biasanya setiap rumah menggunakan dinding, namun dengan sekat kaca jarak pandangmu ke ruangan lain tidak akan terhalangi. Secara sederhana, sekat ini akan membuat beberapa ruangan terlihat menyatu dan kamu dapat menciptakan ruangan lain dibalik sekat kaca ini. Konsep ini akan membuat ruangan tampah luas dan mewah.

6. Partisi Fleksibel

Konsep open plan berikutnya adalah menggunakan partisi fleksibel. Kamu dapat menerapkan konsep ini di rumah maupun apartemen. Ruangan akan terlihat menyatu namun nantinya dipisah dengan partisi fleksibel seperti sliding door. Konsep ini cocok jika kamu tetap ingin membuat privasi antar suatu ruangan. Selain itu, konsep ini juga memberikan ruang gerak yang cukup.

7. Kisi Kayu

Konsep terakhir adalah konsep open plan menggunakan kisi kayu. Konsep ini mirip dengan konsep yang menggunakan sekat kaca sebagai dinding. Namun, untuk menggunakan konsep ini perlu untuk memperhatikan jenis kayu yang akan kamu gunakan. Pastikan setiap sekat tidak menghalangi ruang gerak dan jarak pandangan kamu ke ruangan lainnya.


Itu dia beberapa rekomendasi ruangan open plan yang dapat kamu terapkan di apartemen atau rumah kamu. Konsep ini akan membuat ruangan terlihat luas dan mewah. Kamu dapat menjangkau setiap sudut ruangan tanpa perlu membatasi ruang gerak.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *