8 Tanaman Hias Bunga Cantik Yang Mudah Perawatannya

8 Tanaman Hias Bunga Cantik Yang Mudah Perawatannya

Tidak diragukan lagi bahwa setiap orang ingin memiliki rumah yang tampak cantik terlepas dari ukuran tempat tinggal mereka. Baik itu bangunan rumah tunggal atau apartemen, Anda selalu dapat menghiasi rumah Anda dengan cara yang sederhana. Salah satu cara mudah yang bisa Anda coba lakukan adalah dengan memiliki beberapa tanaman hias bunga di sekitar rumah. Tidak hanya berfungsi untuk mempercantik tampilan rumah Anda, kesegaran dan aroma bunga yang harum juga dapat membantu Anda merasa rileks. Apalagi berbagai tanaman hias bunga cantik cukup mudah dirawat. Dengan kata lain, tanaman tersebut tidak memerlukan perawatan khusus agar dapat berbunga dengan sukses. Juga, bunga-bunga ini dapat mencerahkan rumah Anda dan membawa lebih banyak warna untuk menciptakan getaran yang lebih hidup di rumah Anda.

Baca juga: 8 Jenis Tanaman Pembersih Udara yang Cocok untuk Rumah Anda

Sekarang, kami hadir untuk membantu Anda memberikan beberapa rekomendasi tentang beberapa tanaman hias bunga cantik yang hanya membutuhkan perawatan minimal agar tetap hidup. Tanpa berlama-lama, mari kita lihat daftar tanaman hias bunga yang mudah dirawat dan cantik yang mungkin bisa menjadi dekorasi hidup terbaik untuk rumah Anda!

1. Peace Lily

Apakah Anda menyukai gagasan memiliki sesuatu yang cantik namun kuat untuk menambah keindahan rumah Anda? Peace lily mungkin adalah jawaban yang Anda cari. Berasal dari daerah tropis Amerika dan Asia Tenggara, Peace lily adalah salah satu tanaman hias bunga paling populer untuk rumah dan kantor. Peace lily biasanya memiliki daun hijau tua yang mengkilap dengan “bunga” putih yang indah. Fakta menariknya adalah, apa yang kebanyakan orang anggap sebagai bunga sebenarnya adalah daun putih khusus yang mengelilingi gugusan bunga kecil. Selain itu, Peace lily adalah tanaman hias yang dapat bertahan hidup bahkan dengan perawatan minimal. Tidak perlu sering dipupuk dan Anda bisa mengecek apakah perlu disiram atau tidak setiap minggu. Peace lily juga menyukai cahaya sedang hingga rendah dan akan lebih senang jika ditempatkan di suatu tempat tanpa sinar matahari langsung.

2. African Violets

Tanaman hias bunga berikutnya yang populer sebagai favorit banyak orang adalah African violet. Umumnya, African violet memiliki empat varietas warna yaitu ungu, biru, merah, dan putih. Seperti namanya, tanaman hias ini berasal dari Afrika Timur. Tanaman ini tidak hanya menghasilkan bunga yang indah, perawatan umum untuk African violet juga cukup sederhana. Mereka lebih suka sinar matahari yang cerah dan tidak langsung. Namun, jika mau, Anda juga dapat menggunakan lampu buatan seperti lampu neon atau LED untuk melengkapi pencahayaan alami. Meskipun African violet tidak memerlukan perawatan yang sulit, penting untuk diingat bahwa daunnya yang berbulu halus dapat dengan mudah membusuk jika tanaman disimpan dalam kelembaban tinggi. Jadi, disarankan untuk menyirami tanaman dari bawah untuk menghindari dedaunan mendapatkan jumlah air yang berlebihan. Juga, ketika tanaman tumbuh lebih besar, perlu untuk memindahkannya ke pot yang lebih besar.

3. Christmas Cactus

Dengan bunga berbentuk tabung dan berwarna-warni dalam warna pink, merah, atau ungu, Christmas cactus adalah tanaman hias bunga lain yang dikenal dengan persyaratan perawatannya yang mudah. Ini juga sangat populer di kalangan penggemar tanaman hias bunga. Terlepas dari “kaktus” dalam namanya, Christmas cactus berasal dari hutan hujan tropis Brasil Selatan. Mereka tidak hidup di lingkungan yang panas seperti gurun. Itulah sebabnya sukulen ini tidak dapat menerima kondisi cerah dan kering yang sama seperti kaktus lainnya. Namun, kaktus ini berkembang biak dengan mudah dari stek dan hanya perlu disiram setiap 2-3 minggu ketika sepertiga bagian atas tanah terasa kering saat disentuh. Letakkan Christmas cactus Anda di tempat yang terkena cahaya terang dan tidak langsung. Kamar mandi dan dapur yang cerah akan menjadi tempat yang ideal untuk menyimpan tanaman ini.

4. Begonia

Sebagai permulaan, ada banyak varian begonia sebagai tanaman hias bunga. Warna dapat bervariasi tergantung pada varietas itu sendiri. Tetapi secara umum, begonia membuat tanaman hias yang indah karena mereka mekar hampir terus menerus dalam kondisi yang baik. Tanaman hias bunga yang indah ini paling baik disimpan di tempat yang mendapat sinar matahari pagi dan sore hari. Namun, jika sebagian besar rumah Anda terkena sinar matahari, Anda mungkin ingin memilih varietas yang dapat mentolerir sinar matahari penuh. Semua begonia menyukai tanah yang lembab dan berdrainase baik dengan penambahan zat organik. Selain itu, untuk menjaga tanaman Anda tetap sehat, Anda perlu menyiraminya secara teratur. Pastikan untuk tidak membuatnya terlalu basah karena dapat menyebabkan akarnya busuk. Terlepas dari keindahan tanaman hias bunga ini, Anda harus menjauhkan begonia dari hewan peliharaan Anda jika Anda memilikinya di rumah karena mereka beracun bagi hewan peliharaan.

5. Kalanchoe

Banyak sukulen menjadi tanaman hias yang sempurna karena persyaratan perawatannya yang mudah. Dan kalanchoe adalah salah satu tanaman yang akan mempercantik rumah Anda tanpa harus menghabiskan terlalu banyak energi untuk menjaga tanaman agar tetap hidup. Selama paparan cahaya dikontrol dengan baik, kalanchoe akan menghasilkan bunga yang mekar berulang kali. Sukulen abadi yang berasal dari Madagaskar ini memiliki bunga kecil namun subur dengan berbagai warna seperti merah, pink, ungu, kuning, oranye, dan putih. Itu menjadikan kalanchoe tanaman hias yang ideal untuk disimpan di meja ruang tamu atau bahkan di meja kerja di rumah. Dengan banyak sinar matahari dan tanah yang didrainase dengan baik, kalanchoe akan tumbuh subur. Namun, harap diingat bahwa tanaman hias berbunga ini beracun bagi hewan peliharaan seperti kucing dan anjing.

6. Bromeliad

Jika Anda menginginkan sentuhan eksotis pada rumah Anda, maka Bromeliad dapat menjadi pilihan terbaik untuk memuaskan keinginan Anda. Tanaman hias bunga ini menghadirkan suasana tropis dengan iklim cerah yang akan membuat rumah Anda terlihat cantik. Tanaman hias yang tahan lama ini memiliki daun lebar berbentuk pedang. Selain itu, mereka dapat menghasilkan bunga yang bentuk dan warnanya sangat bervariasi di setiap varietas. Sebagai tanaman yang perawatannya rendah, Bromeliad tidak memerlukan alat atau pupuk khusus. Namun, akan lebih baik untuk menempatkannya di suatu tempat di sekitar rumah yang terpapar cahaya sedang atau terang sebagai spesimen dalam ruangan. Anda dapat dengan mudah menemukan bromeliad jika Anda ingin memiliki tanaman hias cantik ini karena banyak tersedia di tempat pembibitan dan pusat taman.

7. Oxalis Plant

Oxalis adalah tanaman hias bunga unik yang dapat membantu mempercantik rumah Anda dengan mudah. Dengan daun yang sangat mirip dengan sayap kupu-kupu, mereka membuka dan menutup sepanjang hari. Selain itu, Anda akan melihat bunga putih-merah muda mungil saat tanaman mekar penuh. Karena Oxalis lebih menyukai lingkungan yang lembap, Anda dapat menggunakan pelembap atau menyemprot tanaman sesering mungkin jika udaranya kering. Juga, mereka akan tumbuh paling baik dengan sinar matahari yang cerah dan tidak langsung. Selain itu, Anda hanya perlu memberi makan Oxalis sebulan sekali dan menyirami tanaman saat keadaan tanah sudah 50-75% terasa kering. Tanaman hias bunga ini tidak membutuhkan perawatan yang rumit dan tidak terlalu menuntut. Mungkin cocok untuk Anda yang sibuk namun suka melihat dekorasi cantik untuk rumah Anda. Namun, Oxalis beracun bagi kucing dan anjing. Itu sebabnya Anda perlu berhati-hati untuk menempatkannya jika Anda adalah seorang pemilik hewan peliharaan.

8. Lavender

Sangat mudah untuk menanam lavender karena dapat ditanam baik di taman maupun pot. Di bawah kondisi yang tepat, lavender dapat bertahan beberapa tahun. Karena tanaman tahunan ini berasal dari Mediterannean, lavender menyukai terik matahari dan tanah kering. Lavender adalah salah satu tanaman bunga rendah pemeliharaan, tetapi perlu dipangkas setiap tahun. Terlepas dari namanya, lavender memiliki beberapa varietas dan memiliki banyak warna selain lavender. Warna-warna tersebut antara lain biru tua-ungu, pink muda, dan putih. Orang-orang tidak hanya menyukai lavender di sekitar rumah karena bunganya yang berdiri tegak dan menarik, tetapi tanaman ini juga memiliki aroma yang sangat menyenangkan dan menenangkan. Lavender tumbuh paling baik di bawah sinar matahari penuh dan membutuhkan tanah yang dikeringkan dengan baik agar dapat berkembang dengan bahagia.

Itulah tadi daftar 8 tanaman hias bunga cantik yang mudah dirawat. Setelah melihat sekilas tanaman hias bunga yang bisa membuat rumah Anda terlihat lebih indah, bunga mana yang paling sesuai dengan preferensi Anda? Sudahkah Anda memutuskan untuk memilih salah satu atau beberapa bunga untuk menghiasi rumah Anda?

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Rekomendasi Apartemen Dekat Kokas yang Siap Dihuni

Rekomendasi Apartemen Dekat Kokas yang Siap Dihuni

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

5 Jenis Tanaman Bonsai Indoor dan Tips Memeliharanya!

5 Jenis Tanaman Bonsai Indoor dan Tips Memeliharanya!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *