13 Tanaman Hidroponik Rumahan yang Bisa Anda Kembangbiakkan

13 Tanaman Hidroponik Rumahan yang Bisa Anda Kembangbiakkan

Tanaman hidroponik adalah salah satu jenis tanaman yang bisa ditanam di rumah. Tanaman dengan jenis ini tidak menggunakan tanah sebagai media tanam, namun menggunakan media lain seperti kerikil, pasir kasar, sabut kelapa, rockwool, perlit, serat kayu. Media tanam ini menggunakan larutan air mengandung nutrisi agar tumbuhan berkembang secara baik. Jika Anda suka bercocok tanam namun memiliki lahan sempit, menanam tanaman dengan cara ini bisa menjadi salah satu alternatif. Umumnya, tanaman yang bisa dikembangbiakkan dengan cara ini adalah sayuran dan buah-buahan. Berikut ini adalah 13 tanaman hidroponik rumahan yang bisa Anda kembangbiakkan.

Baca juga : 8 Tanaman Hias Bunga Cantik Yang Mudah Perawatannya

1. Paprika

Tanaman pertama yang bisa Anda kembangbiakkan melalui cara hidroponik adalah paprika. Umumnya paprika ditanam dengan cara konvensional namun ternyata tanaman ini juga bisa ditanam dengan cara hidroponik. Dalam menanam tanaman ini, Anda harus memperhatikan asupan nutrisi yang disesuaikan dengan fase tumbuh tanaman ini.

2. Tomat

Selain umumnya Anda bisa melihat tanaman ini ditanam di lahan terbuka, tomat juga menjadi salah satu tanaman yang bisa ditanam secara hidroponik. Langkah pertama yang bisa diambil jika Anda ingin menanam tomat secara hidroponik adalah dengan membeli benih yang bersertifikat. Setelah itu Anda bisa memilih media cocopeat sesuai kebutuhan tanaman Anda. Tak lupa Anda harus memperhatikan perawatan dari tanaman ini seperti menyiram, memberi nutrisi, melakukan penyulaman, dan lain sebagainya.

3. Selada

Salah satu tanaman yang juga sering dibudidayakan dengan cara hidroponik adalah selada. Tanaman ini memiliki usia cukup pendek berkisar antara 30 – 45 hari. Ada dua jenis selada yang umum dikembangbiakkan yaitu selada daun hijau dan daun merah. Tanaman ini biasanya diolah menjadi salad karena rasanya yang segar dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

4. Kangkung

Tanaman lain yang juga bisa ditanam secara hidroponik adalah kangkung. Tanaman ini memiliki usia yang relatif singkat yaitu sekitar 4 minggu. Salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menanam kangkung adalah ia bisa dipanen lebih dari sekali dalam satu kali masa tanam. Anda cukup memotong bagian atas kangkung dan membiarkan akarnya tetap tumbuh dan berkembang biak.

5. Pakcoy

Tanaman lain yang juga bisa Anda kembangbiakkan di rumah adalah Pakcoy. Tanaman ini mengandung banyak vitamin dan mineral dan bisa diolah menjadi berbagai macam makanan sehat. Umumnya jika pakcoy ditanam secara hidroponik, media tanam yang digunakan adalah rockwool. Tanaman ini memiliki usia yang cukup singkat yaitu sekitar satu bulan untuk bisa dipanen.

Unsplash

6. Seledri

Salah satu sayuran yang memiliki bau khas yang disukai banyak orang adalah seledri. Sayuran ini umumnya digunakan sebagai tambahan dalam sup dan makanan berkuah. Untuk penanamannya sendiri, tanaman ini menggunakan sistem wick atau sumbu jika ditanam secara hidroponik. Tanaman ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda dalam menanam tanaman hidroponik rumahan.

7. Melon

Salah satu jenis buah-buahan yang bisa ditanam secara hidroponik adalah melon. Ada beberapa tahapan yang harus Anda pelajari dalam membudidayakan melon yaitu pemilihan benih, penyemaian, penanaman, perawatan, hingga panen. Hal ini harus diperhatikan agar melon yang Anda tanam bisa tumbuh secara optimal dan sehat.

8. Semangka

Selain melon, semangka juga bisa menjadi salah satu tanaman yang bisa dikembangbiakkan dalam bentuk hidroponik. Bahkan semangka yang menggunakan media tanam hidroponik  memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi dibandingkan dengan semangka biasa. Semangka yang ditanam dengan cara hidroponik memerlukan waktu sekitar 2 – 3 bulan untuk dipanen. Ada beberapa tahap penanaman semangka hidroponik yang bisa Anda ikuti yaitu pemilihan bibit, penyemaian, penanaman, pemeliharaan, dan terakhir panen.

9. Anggur

Salah satu buah segar yang juga bisa ditanam secara hidroponik adalah anggur. Buah ini memiliki ciri khas tanaman dengan batang merambat. Berbagai jenis anggur bisa Anda kembangbiakkan dengan cara hidroponik. Ketahuilah semua syarat tumbuh tanaman anggur yang ditanam secara hidroponik agar ia bisa tumbuh dengan optimal dan sehat.

10. Strawberry

Selain anggur, strawberry juga bisa menjadi salah satu pilihan buah yang ditanam secara hidroponik. Sistem ini juga dirasa lebih murah dibandingkan penanaman secara konvensional. Jenis hidroponik yang digunakan untuk menanam strawberry adalah hidroponik sistem tetes.

Unsplash

11. Sawi Hijau

Tanaman lain yang juga bisa ditanam secara hidroponik adalah sawi hijau. Sayuran ini memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral ditambah dengan antioksidan untuk meningkatkan imun tubuh dan dapat mencegah penyakit kanker. Selain itu teksturya juga renyah dan halus. Anda bisa menggunakan media rockwool untuk menanam sayuran ini.

12. Cabai

Salah satu jenis bumbu makanan yang bisa Anda tanam menggunakan hidroponik adalah cabai. Tanaman ini tentu sudah tidak asing bagi masyarakat apalagi yang menyukai makanan-makanan pedas. Cabai sangat mudah ditanam dengan menggunakan pot atau metode hidroponik. Anda bisa mengembangbiakkan cabe untuk digunakan dalam memasak makanan sehari-hari.

13. Timun

Salah satu tanaman kaya air yang bisa ditanam dengan metode hidroponik adalah timun. Umumnya timun bisa dikembangkan dengan arang sekam . Tanaman ini juga bisa Anda tanam menggunakan pot dari gelas bekas yang ditancapkan pada paralon khusus hidroponik. Timun adalah salah satu makanan yang sehat dan biasanya dimakan sebagai pendamping makanan utama atau tambahan salad.

Itulah 13 tanaman hidroponik rumahan yang bisa Anda kembangbiakkan. Tanaman-tanaman ini bisa sekaligus menjadi bahan-bahan masakan untuk Anda yang terbiasa memasakan sarapan atau makan siang. Semoga membantu!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *