Tips Pola Tidur yang Baik

Tips Pola Tidur yang Baik

Apakah kamu menghabiskan waktu bolak-balik di tempat tidur karena kesulitan tidur? Setelah beberapa waktu, kamu mungkin menemukan diri kamu menelusuri media sosial atau menonton film. Lalu, kamu menyadari bahwa matahari mulai terbit dan harus kembali ke rutinitas pagi kamu. Mengapa beberapa orang kesulitan tidur? Kondisi insomnia adalah jawabannya. Insomnia adalah gangguan yang membuat seseorang tidak bisa tidur meskipun ada kesempatan. Namun, tidak semua orang yang tidak bisa tidur dianggap menderita insomnia. Terkadang, hanya rutinitas malam yang perlu kamu ubah agar dapat tidur lebih cepat dan kualitas istirahat yang lebih baik. Jika kamu merasa agak sulit untuk tidur dan ingin mengubah rutinitas, simak tujuh tips berikut yang dapat membantu kamu tidur nyenyak dan bangun dengan segar keesokan harinya.

1. Ikuti Jadwal Tidur 

white printer paper

Orang dewasa yang sehat biasanya membutuhkan sekitar 7 hingga 9 jam istirahat setiap hari. Ya, kami tahu kamu sibuk dengan segala hal yang terjadi dalam hidup kamu. Namun, yang kamu butuhkan hanyalah sedikit tekad yang dikombinasikan dengan disiplin untuk membuatnya berhasil. Kamu bisa mulai dengan mengkategorikan diri kamu sebagai early bird atau night bird. Kemudian, kamu dapat menyesuaikan jadwal tidur kamu dengan menghitung jam yang kamu perlukan untuk istirahat dengan waktu yang kamu perlukan untuk bangun. Pertahankan jadwal kamu untuk tidur dan bangun dengan waktu yang kamu targetkan, bahkan di akhir pekan. Setelah kamu terbiasa dengan rutinitas, tubuh kamu akan menyesuaikan jam tubuhnya.

2. Gerakan Tubuhmu

woman sitting on white bed
Gerakan Tubuhmu

Studi oleh John Hopkins berkesimpulan bahwa berolahraga secara teratur memungkinkan tubuh kamu tidur lebih cepat dan memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Namun, waktu latihan itu penting. Latihan seperti cardio dan menari akan meningkatkan endorfin membuat otak tetap terjaga. Jika kamu sibuk di siang hari, berolahraga 1 hingga 2 jam sebelum tidur menjadi pilihan lain. Ini akan memberi waktu bagi endorfin untuk membersihkan dan melelahkan otak.

3. Evaluasi Kamarmu

bedroom decor
Evaluasi Kamarmu

Pastikan kamar kamu nyaman untuk meningkatkan kualitas tidur kamu. Jaga suhu kamar kamu sesuai keinginan. Blokir suara yang dapat mengganggu kamu. Pilih apakah kamu ingin menyalakan atau mematikan lampu. Kamu juga bisa menggunakan aromaterapi seperti lavender yang dikenal dapat membantu tidur lebih nyenyak secara alami.

4. Hindari Minum Kafein di Malam Hari

person holding a coffee
Hindari Minum Kafein di Malam Hari

Kafein dapat membuat kita lebih waspada karena memblokir bahan kimia yang memicu tidur. Itulah sebabnya orang sering meminumnya setelah bangun tidur atau begadang di sepanjang hari. Namun, meminumnya di malam hari akan mengganggu jadwal tidur kamu yang berujung pada kurang tidur.

Baca juga: Cara Memiliki Hubungan yang Lebih Sehat dengan Media Sosial

5. Membatasi Terkena Cahaya

bokeh photography
Membatasi Terkena Cahaya

Terkena cahaya terang bisa membuat kamu tetap terjaga. Sebelum tidur, matikan lampu kamu. Jangan lupa juga untuk mematikan gadget kamu.

6. Menyibukkan diri

person using computer
Menyibukkan Diri

Setelah menghabiskan beberapa waktu di tempat tidur dan kamu belum bisa tidur, buatlah diri kamu sibuk dengan menyalakan lampu dan membaca buku. Membaca akan membantu kamu untuk rileks dan membuat kamu mengantuk dalam waktu singkat. Beberapa orang juga menyebutkan bahwa mereka tidak dapat tidur karena mereka memikirkan banyak hal yang menyebabkan mereka khawatir. Kamu bisa mengatasinya dengan menulis daftar hal yang harus dilakukan sebelum tidur untuk meredakan kecemasan kamu.

Tidur sangat penting untuk kesehatan kamu. Cobalah beberapa tips berikut untuk mulai tidur lebih nyenyak. Bangun dengan perasaan lebih produktif dan lebih termotivasi untuk mencapai tujuan dan mengejar impian kamu.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

12 Keuntungan Tinggal Di Apartemen, Pasti Gak Bikin Nyesel!

12 Keuntungan Tinggal Di Apartemen, Pasti Gak Bikin Nyesel!

10 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Kost!

10 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Kost!

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

8 Rekomendasi Apartemen di dekat Centennial Tower, Jakarta Selatan

8 Rekomendasi Apartemen di dekat Centennial Tower, Jakarta Selatan

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *