Panduan Wine Lokal Bali & Kebun Anggur untuk Wisata!

Panduan Wine Lokal Bali & Kebun Anggur untuk Wisata!

Tidak ada yang seperti menghargai suatu tempat tanpa mencicipi makanan dan barang lokal mereka. Di Bali, Anda mungkin sudah mengetahui makanan asli lokalnya atau seni dan kerajinan buatan lokal. Salah satu makanan, atau minuman tertentu, yang ingin kami tulis hari ini adalah anggur Bali. Di Bali, Anda biasanya menghabiskan waktu untuk bekerja, berpesta, atau bekerja dan berpesta. Tidak ada cara yang lebih baik untuk menemani hari Anda bersantai atau bekerja dengan jadwal yang padat di Bali selain menyesap sedikit wine lokal Bali.

Berikut adalah panduan sederhana untuk anggur atau wine Bali buatan lokal. Kami memiliki bermacam-macam produsen anggur lokal bersama dengan produk yang menurut kami layak untuk dicoba pertama kali. Selain itu, kami akan mencantumkan beberapa kebun anggur untuk Anda kunjungi jika Anda tertarik.

Baca juga: 8 Jajanan Enak khas Bali dan Tempat Jajan Malam di Bali

Produsen Anggur di Bali

1. Baliwein

Untuk memulai daftar kami, mari kita bersantai dengan minuman dari Baliwein. Mereka mengkhususkan diri dalam memproduksi anggur bertema buah yang mempertahankan 100 persen rasa asli buah tanpa bantuan aditif. Produk mereka terutama terdiri dari tiga jenis anggur: anggur mete, anggur Salak, dan anggur jahe. Mereka juga mengekspor produk mereka ke banyak negara di Asia Timur, karena anggur mereka cocok dengan makanan Korea dan Jepang.

Produk populer: Wine Salak Baliwein 750 ml 

Harga: 260k IDR (approx.)

Alkohol: 11.12%

Tentang wine: Wine ini rupanya sangat populer di kalangan wisatawan, yang menurut kami menarik karena beberapa orang ragu makan buah salak di Indonesia. Dibuat dengan salak yang bersumber secara lokal, wine ini akan memberi Anda rasa yang unik dan luar biasa yang tiada duanya

2. Hatten Wines

Selanjutnya kami memiliki salah satu produsen wine terkemuka di Bali, Hatten Wines. Mereka mulai jauh pada tahun 1994, dan merupakan yang tertua dalam bisnis ini. Mereka memiliki berbagai macam anggur berkualitas yang juga memenangkan penghargaan. Kesediaan mereka untuk bereksperimen dengan wine mereka menjadikan mereka salah satu produsen wine paling serbaguna di Bali.

Produk populer: Tunjung Brut Sparkling 750 ml

Harga: 205k IDR

Alkohol: 11,5%

Tentang wine: anggur ini dibuat menggunakan ‘Methode Traditionelle’, cara membuat sampanye yang berasal dari Prancis. Mereka cocok dengan sebagian besar makanan. Mereka adalah Apéritifs, artinya paling baik dikonsumsi sebelum makan. Sempurna untuk memulai makan malam di rumah! (catatan: paling baik disajikan pada suhu antara 6-10 derajat celsius) 

3. Cape Discovery

wine lokal bali
source: alcovina

Pembuat anggur top Bali lainnya, Cape Discovery sedikit memutarbalikkan teknik produksinya. Menurut mereka, Bali memiliki ruang lingkup yang sangat kecil untuk pemeliharaan anggur tradisional. Sebagai tanggapan, mereka mengimpor anggur anggur dari pusat anggur seperti Prancis, Australia, dan Selandia Baru. Anggur impor ini kemudian diproses di kilang anggur modern yang terletak di Bali Utara. Meminum produk mereka berarti Anda akan mendapatkan yang terbaik dari kedua dunia; Keahlian Bali dan beberapa anggur anggur terbaik dunia yang ditawarkan.

Produk populer: Cape Discovery Shiraz

Harga: IDR 201k to IDR 314k

Alkohol: 14%

Tentang wine: Cobalah salah satu anggur pertama Cape Discovery, shiraz. Anggur ini paling cocok untuk berbagai daging merah dan keju yang kuat. Paling baik disajikan antara 16-18 derajat celsius.

4. Sababay

wine lokal bali
source: facebook

Berikutnya dalam daftar kami, kami memiliki Sababay, kilang anggur lain di Bali yang tumbuh secara lokal dan membuat wine lokal mereka. Sababay dimulai sebagai sarana untuk menunjukkan potensi pertanian Indonesia dan memberdayakan petani lokal. Berbeda dengan yang lain dalam daftar ini, Sababay terletak di Teluk Saba di Kabupaten Gianyar. Jadi, kilang anggur mereka jauh lebih mudah dijangkau daripada yang lain.

Produk populer: Sababay Wine Mistelle 

Harga: 400k IDR to 450k IDR

Alkohol: 18%

Tentang wine: Terletak di ujung atas produk Sababay dalam hal harga, Sababay Wine Mistelle sangat cocok untuk orang yang menyukai makanan penutup. Rasa anggur putih akan menonjolkan semua jenis hidangan manis dan lembut yang Anda nikmati.

Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, Anda juga dapat mengunjungi kilang anggur mereka untuk mencium dan menyesap semua produk mereka. Berikut adalah daftar singkat kebun anggur di Bali yang dapat Anda kunjungi!

Read also: Complete Your Beer Bucket List: 6 Bali Beers and 3 Breweries to Try!

Kebun Anggur di Bali

1. Hatten Wines Vineyard

Selain membuat dan memproduksi anggur, Hatten telah melakukan beberapa penelitian tentang anggur anggur untuk mengoptimalkan dan menyempurnakan rasa anggur mereka. Anggur anggur ini dapat berkisar dari Muscat St. Vallier lokal Bali hingga makanan pokok internasional seperti Shiraz / Syrah. Tempat ini patut dikunjungi bagi mereka yang ingin mengapresiasi seni membuat wine. Ini adalah hak istimewa khusus anggota, jadi pastikan untuk mendaftar ke program keanggotaan ‘Friends of Hatten’ mereka untuk kunjungan dan hak istimewa luar biasa lainnya yang mereka tawarkan.

Alamat: Hatten Vineyard Visitor Centre Jl. Raya Seririt Gilimanuk, Desa Sanggalangit,, Kecamatan Gerokgak, Sanggalangit, Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali 81155 

Jam operasional: Senin sampai Jumat 09.00-16.30, Sabtu 09.00-Siang. Tutup pada hari Minggu dan hari libur Bali (waktu dapat berubah karena COVID-19, hubungi mereka untuk info lebih lanjut)

Nomor telepon: +62 81210731254

Selain itu, terdapat juga Cellar Doors di Bali dan Jakarta jika Anda hanya ingin mencicipi wine mereka. Berikut lokasinya:

  • Hatten Wines Cellar Door Jakarta: Jl. Benda No. 1F, Kemang, RT.5/RW.4, Cilandak Tim., Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12560 
  • Hatten Wines Cellar Door Bali: Sanur Kauh, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali

Walaupun Anda tidak dapat berkunjung, mereka juga menawarkan pelajaran tentang apresiasi anggur dan penyandingan antara hal-hal terkait anggur lainnya di situs mereka, Hatten Education. Lihat dan dididik!

2. Kebun Anggur Sababay

kebun anggur bali

Kebun anggur Sababay menawarkan berbagai aktivitas dan pengalaman, dengan tiga jenis tur yang dapat Anda daftarkan. Untuk satu, ada tur ‘citarasa Indonesia’ seharga Rp 300 ribu per orang, di mana pemandu akan membawa Anda selangkah demi selangkah ke tempat asal mereka dan proses dalam menciptakan anggur yang menyenangkan.

Jika Anda lebih memilih piknik yang santai, Anda dapat mengambil 400rb IDR per orang untuk tur ‘Winedown in the Garden’. Jika Anda ingin pengalaman kuliner bergaya keluarga, ikuti tur ‘Makan Siang Gastro Indonesia’ seharga 730rb per orang. Secara keseluruhan, mengunjungi kebun anggur Sababay akan terbukti menjadi pengalaman berharga untuk penglihatan dan selera Anda juga.

Alamat: Jalan Professor Doktor Ida Bagus Mantra No.333X Keramas, Medahan, Kec. Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali 80581

Jam operasional: Selasa dan Rabu 09.00-17.00, Jumat dan Sabtu 09.00-17.00

Nomor telepon: +62 361 949099 

Dan begitulah, kami harap Anda menyukai panduan sederhana kami tentang Wine Bali buatan lokal! Mendukung industri dan petani lokal tidak akan pernah bisa semenyenangkan dan mendidik ini pada saat yang bersamaan. Pastikan untuk memberi tahu kami mana yang menjadi favorit Anda dalam daftar, atau apakah Anda ingin menambahkan lainnya. Terima kasih lagi dan sampai jumpa lagi! Pastikan untuk mengikuti kami untuk info dan tips seputar gaya hidup dan kehidupan di Bali!


The Saren, Kediri

Sedang mencari pilihan sewa untuk liburan Anda di Bali? Flokq punya banyak pilihan kamar dan coliving di Bali dengan fasilitas beragam dan harga yang terjangkau! Klik tombol di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Click Here to Check Out More Flokq’s Homes
Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

10 Cafe Ubud dengan Suasana Nyaman dan Kopi Lezat!

10 Cafe Ubud dengan Suasana Nyaman dan Kopi Lezat!

8 Toko Organik di Bali untuk Membantu Anda Menjadi Lebih Sehat

8 Toko Organik di Bali untuk Membantu Anda Menjadi Lebih Sehat

Volunteer di Bali: Tips dan Rekomendasi Program

Volunteer di Bali: Tips dan Rekomendasi Program

6 Taman Kerajaan Bali, Destinasi Wisata Sejarah yang Eksotis

6 Taman Kerajaan Bali, Destinasi Wisata Sejarah yang Eksotis

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *