5 Inspirasi Dapur Minimalis untuk Melengkapi Konsep Hunian

Karena dapur merupakan salah satu elemen penting di sebuah hunian, mungkin akan sulit membayangkan konsep dapur minimalis yang sederhana. “The less is more” – yang lekat dengan konsep minimalis, tidak berarti ruangan tersebut harus kosong; dapur sederhana harus tetap bisa difungsikan secara optimal. Anggap saja sebagai operasi rahasia – harta benda harus disembunyikan, padahal, peralatan tersebut penting adanya. 

Minimalis adalah tren desain yang ideal untuk dapur, dimana kebersihan, tata letak, dan fungsionalitas menjadi pilar dasar yang harus diperhitungkan. Hal ini memungkinkan dapur minimalis mendapatkan ruang lebih untuk menghindari kekacauan dan menjadikan peralatan dapur-mu yang stylish sebagai fokus utama.

Minimalis tidak harus selalu berarti kosong, belum rampung ataupun membosankan. Dengan pendekatan yang tepat, dapur minimalis akan tetap penuh, diisi dengan kepribadian dan gaya yang mencerminkan sang pemilik hunian. Berikut Flokq merangkum 5 ide dapur minimalis sederhana yang dapat kamu tiru untuk melengkapi konsep hunian kamu.

1. Si Cantik yang Praktis 

dapur cantik yang memaksimalkan ruang terbatas
Dapur Cantik yang Praktis

Merancang dapur yang rapih dan apik dilihat namun sesuai dengan kebutuhan merupakan tantangan tersendiri dalam mendesain dapur. Tujuannya adalah memaksimalkan luas persegi untuk penggunaan praktis – yang menjadi fitur utama dapur minimalis.

Terdapat beberapa permukaan yang cukup untuk menyiapkan bahan makanan ataupun menaruh makanan yang sudah matang. Banyak lemari, laci atau kabinet penyimpanan memudahkan pemilik menyimpan peralatan atau bumbu. Sehingga, hanya beberapa peralatan essential yang menempati ruang counter.

Penempatan sink yang tepat di depan kompor juga ide yang bisa kamu contek lho, Flokqers! Ide ini sangat cocok untuk meminimalisir kotoran yang jatuh dari alat masak yang kotor. Perpaduan meja marmer, warna silver dan putih juga cerdas – dikarenakan ukuran tempat yang tidak terlalu besar, gunakanlah warna-warna yang cukup terang untuk menimbulkan kesan spacious. Setuhan elemen marmer dalam dapur minimalis ini, tampil untuk menyeimbangkan kesan minimalis namun tetap mewah dan elegan.

2. Minimalis dengan Kesan Mewah

inspirasi dapur minimalis mewah
Dapur Minimalis dan Mewah

Alasan lain mengapa begitu banyak orang menyukai dapur minimalis adalah desain estetika yang tahan lama. Fitur sink dan kursi warna hitam matte yang dikombinasikan dengan marmer kelas atas beserta aksen kayu menambah keindahan dan fungsi area persiapan makanan. Di sepanjang area masak, interior yang juga berwarna hitam yang memberikan kesan menyembunyikan kabinet dan kulkas menciptakan tampilan yang mulus.

Lantai kayu dan peletakkan aksesoris vas bunga pada meja persiapan menambah kesan elok pada tampilan dapur ini. Lampu yang terpasang tepat di atas meja akan menonjolkan setiap makanan yang disediakan, sehingga tampak lebih lezat tentunya!

3. Dapur Maskulin yang Minimalis

inspirasi dapur bergaya maskulin
Dapur Maskulin

Warna gelap atau “moody” sangat cocok untuk ruang dapur minimalis. Gabungan lemari kayu namun modern dengan lantai dan dinding bergaya industrial menciptakan dapur yang hanget dan kontemporer yang menonjolkan sisi maskulin dari sang pemilik rumah.

Sentuhan unfinished dari dinding dan lantai memberikan kesan cuek, namun tetap cantik. Properti dapur yang tidak terlalu banyak dan berwarna silver (stainless steel), lebih menonjolkan lagi sisi maskulin dari desain ini. penempatan lampu yang tidak terlalu terang (downlight), juga memberikan kesan hangat. 

4. Sentuhan Warna Pop dan Aksen Natural

inspirasi dapur minimalis dengan warna pop
Dapur Minimalis dengan Warna Pop

Dapur minimalis adalah tentang membuat suasanya menjadi lebih nyaman. Estetika versi minimalis adalah tentang menjaga permukaan bebas dari barang-barang yang diletakan secara tidak beraturan, dengan memberi peralatan dan meja kebanyakan di dalam kabinet. Selain itu, dapur dengan warna dasar putih dengan sentuhan sedikit warna kontras dan tekstur alami juga menciptakan ilusi ketenangan.

Flokq menyarankan penggunaan warna netral yang hangat dan warna lembut berfungsi paling baik di dalam dapur karena  dapat menciptakan suasana memasak yang nyaman. Namun, warna cat dinding dapur bisa menjadi apapun yang kamu suka. Jadi, jangan biarkan konsep minimalis menghindarkan kamu dari memberikan aksen warna cerah atau nuansa alam favoritmu!

5. Perpaduan Minimalis dan Maksimalis 

inspirasi dapur semi modern
Dapur Minimalis

Flokqers pasti dapat menggabungkan warna-warna moody, tekstur alami, dan pola dramatis ke dalam ruang masak yang mengusung tema ini. aksen backsplash menyentuh garus antara minimalis dan maksimalisme. Namun, yang membuat ubin hitam yang mencolok tidak terasa berlebihan secara visual adalah lemari dapur yang besar di sisi kiri.

Lemari besar menghilangkan kebutuhan akan kabinet bagian atas di dinding paling kiri, yang membuat ruang terasa tidak berantakan. Aksen kayu alami melengkapi getaran minimalis dan materialnya menyeimbangkan kesan visual yang “gelap” dari beberapa elemen ruangan. 


Nah, itulah 5 ide dapur minimalis yang mungkin bisa diterapkan di hunian kamu. Perlu diingat bahwa minimalis bukan berarti harus bebas dari barang-barang, sehingga dapur tidak bisa digunakan secara optimal. Sebaliknya,desain minimalis membantu kamu untuk bisa menggunakan ruang dapur seefektif dan seoptimal mungkin. Kamupun tetap bisa memberikan sentuhan warna dan aksen lainnya yang dapat menambah kesan apik. Dapur minimalis tidak melulu soal warna putih dan kosong ya, Flokqers!

Baca juga: 8 Tips Dekorasi Rumah yang Sangat Mudah

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Rekomendasi Warna yang Cat Rumah Sejuk & Tips Memilih

5 Rekomendasi Warna yang Cat Rumah Sejuk & Tips Memilih

Panduan Lengkap Anggur Merah atau Amer khas Indonesia

Panduan Lengkap Anggur Merah atau Amer khas Indonesia

10 Apartemen Dekat Thamrin City dengan Fasilitas Lengkap

10 Apartemen Dekat Thamrin City dengan Fasilitas Lengkap

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *