20 Istilah Lokal Indonesia yang Wajib Kamu Tahu

20 Istilah Lokal Indonesia yang Wajib Kamu Tahu

Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional Republik Indonesia. Bahasa ini adalah variasi standar Melayu dan menyatukan semua orang Indonesia. Sebagian besar orang Indonesia, selain berbicara bahasa nasional, fasih berbahasa setidaknya satu dari 700 lebih bahasa daerah. Itulah mengapa sangat penting untuk mempelajari beberapa istilah bahasa Indonesia sederhana jika kamu berencana untuk tinggal di sini.

Kebanyakan orang Indonesia yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Medan, Bali, dan Surabaya dapat berbicara bahasa Inggris. Di sisi lain, banyak orang Indonesia tertarik untuk belajar dan menggunakan bahasa Inggris. Selain itu, mereka juga umumnya seorang nasionalis dan membanggakannya. Orang Indonesia sangat menghargai orang asing yang menghargai bahasa daerah.

Sebagai tambahan, jika kamu bisa berbicara bahasa Indonesia, kamu akan memiliki banyak keuntungan dan berpotensi mendapatkan penawaran harga yang lebih baik/lebih rendah di pasar lokal. Jadi, berikut ini adalah beberapa istilah penting dalam bahasa Indonesia yang perlu kamu ketahui!

Sapaan

indonesian phrases greetings

Selamat pagiGood Morning

Ketika kamu memasuki kantor, bertemu seseorang, atau berdiri di sebelah orang asing sambil menunggu MRT-mu tiba, istilah ini akan selalu berguna. Bukan ide yang buruk untuk memulai percakapan dengan seseorang, bukan? Orang Indonesia dikenal karena kebaikan dan keramahannya.

Terima kasihThank you

Tentu saja, jangan lupa berterima kasih kepada pelayan, pengemudi taksi atau orang lain yang pantas mendapatkannya. Orang Indonesia selalu berterima kasih, jangan lupa mengatakan “terima kasih” sambil tersenyum, dan kamu akan mendapat balasan senyum.

Baca juga Etika Bersosialisasi di Indonesia

PermisiExcuse Me

Kamu bisa mengucapkan kata ini untuk menarik perhatian seseorang, entah mereka itu seorang pelayan di restoran atau orang asing di jalan. Permisi juga berfungsi ketika kamu berada di jalan seseorang di tempat wisata yang ramai atau jika kamu mencoba untuk keluar dari bus yang penuh.

Apa kabar? How are you?

Sebagai pendahuluan atau pertanyaan awal ketika berkenalan dengan orang lain, mulailah bertanya bagaimana keadaan/perasaan mereka saat ini.

Siapa nama kamu? What is your name?

Pada tahap awal perkenalan atau ketika ingin mengetahui nama seseorang, ini adalah cara yang umum di Indonesia.

Sama-sama You’re welcome

Ketika seseorang mengucapkan terima kasih kepadamu, kamu bisa membalasnya dengan mengucapkan “sama-sama.”

Sampai jumpaGood bye

Setiap kali kamu atau orang lain pergi meninggalkan tempat atau setelah memberi tahu mereka bahwa sedang di perjalanan pulang, kamu dapat mengucapkan “good bye” dengan mengucapkan istilah ini, meskipun “sampai jumpa” secara harfiah berarti “see you later”, kata ini terdengar lebih ramah. Umumnya juga, untuk menggunakan ungkapan yang lebih informal, kamu bisa mengatakan “dada” yang berarti “bye-bye.”

Arah

Indonesia phrases directions

Di mana? Where?

Bahkan jika kamu sudah menggunakan GPS untuk membantu navigasi kamu mengelilingi kota, sebagian besar kota di Indonesia adalah sebuah mosaik dari jalan-jalan yang luas dan dikelilingi pepohonan. Orang-orang masih dapat menemukan ribuan jalur kecil atau dikenal sebagai ‘gang’ yang bersilangan melintasi lingkungan tempat tinggal atau perumahan.

Atau kamu bisa menggunakannya untuk mendapatkan perhatian orang lain (ingat, istilah apa yang akan kamu gunakan untuk melakukan ini?) dan tanyakan “permisi, di mana toilet?” – “where is the bathroom?” Mereka akan dengan senang hati menjawab pertanyaanmu.

Belok kiri, Belok kanan Turn left, turn right

Bayangkan betapa beruntungnya dirimu jika kamu menemukan warga lokal yang sangat familiar dengan tempat yang ingin kamu kunjungi. Dengarkan setiap kalimat atau istilah yang ia ucapkan dengan baik. Ini akan membantumu untuk berkomunikasi dengan pengemudi taksi atau yang lainnya.

Pelan-pelanSlow down

Istilah bahasa Indonesia ini sangat berguna ketika pengemudi taksimu ngebut di batas kecepatan dan kamu meminta mereka untuk melambat. Istilah ini juga dapat digunakan jika warga setempat berbicara terlalu cepat dan kamu tidak mengerti apa yang dibicarakan.

Lurus terus Go straight

Jika kamu mendengar istilah ini, kamu tidak perlu belok kanan atau kiri. Kamu hanya perlu berjalan lurus ke depan sepanjang jalan.

Belanja

shopping

Berapa?How much?

Beberapa pedagang mengambil keuntungan karena kamu orang asing dengan menjual produk atau jasanya dengan harga yang lebih mahal, jadi pastikan kamu bertanya dulu mengenai harganya sebelum setuju membelinya. Jangan lupa untuk mengeceknya beberapa kali kembalian uangmu sebelum kamu pergi.

Murah, mahal Cheap, expensive

Katakan “mahal” ketika harga yang ditawarkan penjual terlalu tinggi. Jika kamu sedang berada di pasar tradisional, kamu selalu berkesempatan untuk menawar harganya.

Boleh kurang? Can you lower the price?”

Sangat biasa di Indonesia untuk melakukan tawar-menawar, sudah seperti kebutuhan hidup. Jadi, kamu bisa mengatakan “boleh kurang?” untuk menawar harga suatu produk atau jasa dan penjual akan menjawab iya atau tidak.

Di Restoran

at the restaurant

Jangan pedas“Don’t make it spicy”

Orang Indonesia sangat cinta makanan pedas. Banget. Orang Indonesia dapat menoleransi rasa pedas yang kuat. Jadi, ketika pelayan memberitahu jika makanannya tidak terlalu pedas atau hanya sedikit pedas, mungkin kamu tidak bisa mengatasi panas di mulut atau perutmu. Untuk menghindari mulut dan perutmu dari rasa terbakar, pelajari istilah sederhana ini.

Saya tidak bisa makan..I can’t eat..

Istilah ini tidak berlaku bagi semua orang, tetapi juga bagi orang yang sedang melakukan diet tertentu. Kamu bisa mengatakannya kepada pelayan. Berikut ini beberapa kata umum yang bisa digunakan:

Kacang: Peanuts

Produk susu: Dairy products

Daging: Meats

Telur: Eggs

Bawang: Onions

EnakDelicious

Agar mereka mengetahui betapa puasnya kamu dengan menu yang mereka hidangkan dan betapa kamu mengapresiasi koki yang membuatnya, kamu bisa mengatakan “enak” dan dapat dipastikan kamu akan mendapatkan senyuman sebagai balasan.

Air Water

Ketika kamu kehausan dan butuh minum, cukup katakan “air” dan kamu bisa mendapatkan air yang dingin atau yang panas.

Kata-kata Umum

MaafSorry

Jika kamu berada di stasiun kereta yang sedang ramai-ramainya, berhati-hatilah agar kamu tidak menabrak orang lain. Tapi, jika kamu menabrak seseorang, tidak apa-apa. Kamu bisa katakan “maaf.” Kata “maaf” juga bisa kamu gunakan ketika ingin meminta orang lain untuk mengulangi apa yang dikatakan ketika kamu tidak memahaminya.

Tidak apa-apaNo problem

Ini jawaban yang mungkin kamu dapatkan ketika kamu mengatakan “maaf” kepada orang lain. Orang Indonesia selalu berusaha menghindari konflik, jadi mereka akan bilang “tidak apa- apa” daripada memulai pertengkaran.

Itu adalah istilah dalam bahasa Indonesia yang penting kamu pelajari untuk berinteraksi dengan warga lokal. Jangan khawatir! Kesalahan kecil tidak masalah dan orang Indonesia sangat menghargai upayamu untuk belajar. Apakah kamu siap untuk mencobanya?

Jika kamu tertarik untuk belajar Bahasa Indonesia, klik di sini untuk informasi lebih lanjut tentang Kursus Bahasa Indonesia di Jakarta.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Apartemen Mewah di Sudirman: 7 Rekomendasi Terbaik

Apartemen Mewah di Sudirman: 7 Rekomendasi Terbaik

Apartemen Dekat Gandhi Memorial Intercontinental School

Apartemen Dekat Gandhi Memorial Intercontinental School

10 Apartemen Dekat Multivision Tower dengan Fasilitas Lengkap

10 Apartemen Dekat Multivision Tower dengan Fasilitas Lengkap

8 Apartemen Dekat Singapore Intercultural School (SIS) Jakarta Selatan

8 Apartemen Dekat Singapore Intercultural School (SIS) Jakarta Selatan

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *