10 Makanan Khas Bali: Dari Terpopuler hingga Terlangka!

Bali tidak hanya terkenal akan pemandangannya yang luar biasa indah, namun juga karena kuliner lokal yang selalu siap menggoyang lidah. Dari betutu, babi guling, sate lilit, dan lainnya, Anda tentu tidak asing lagi dengan nama-nama makanan khas Bali tersebut. Beberapa dari makanan-makanan tersebut bahkan telah memiliki cabang-cabang yang sukses di luar daerah Bali karena rasanya yang sesuai dengan selera makan masyarakat luas. Dengan demikian, untuk meningkatkan pengalaman kuliner Bali Anda berikut adalah daftar makanan-makanan khas Bali dari yang patut Anda cicipi!

1. Mujair Nyat Nyat

source: Mujair Nyat Nyat

Makanan ini biasa disajikan dengan Ikan mujair yang dimasak dengan bumbu Bali, ditambahkan dengan santan,bumbu domine dean, dan bawah putih dan kencur. Anda sendiri dapat menemukan varian ikan lain selain mujair. Masyarakat Kintamani sendiri lebih memilih ikan yang dibudidayakan di kawasan Batur karena ikan dari Danau Batur punya rasa yang khas dan tidak bau tanah.

2. Nasi Sela

source: Nasi Sela

Awalnya Nasi Sela merupakan campuran nasi putih dan cacahan ubi berukuran kecil-kecil, namun kini makanan Bali ini telah dikembangkan dan dicampur dengan rago (udang kecil kecil), kacang tanah, jukut, sambal bongkot, dan ayam betutu yang disuwir. Ada juga nasi sela yang dicampur dengan lauk ayam betutu, sate kulit ayam, pindang tongkol, urab sayur kacang panjang berisi timun dan kacang merah, pesan celengis, sambel matah, dan sambal teri untuk meningkatkan selera makan Anda.

3. Tipat Blayag

source: Tipat Blayag

Cukup mirip dengan gado-gado, tipat blayag merupakan makanan Bali yang terdiri dari kuah ayam nyat-nyat (tepung beras yang ditumbuk halus dan dibumbui dengan bumbu Bali kuning) dan ketupat yang dibuat menggunakan daun aren. Tipat blayag juga biasa disajikan dengan potongan ketupat, sayuran tauge dan bayam (urap sayuran), taburan suwiran ayam dan kacang tanah atau kedelai goreng, dan kuah kuah ayam nyat-nyat. Beberapa varian juga menambahkan telur rebus dan taburan bawang goreng serta peyek yang digoreng garing untuk memantapkan rasa.

4. Plecing Kangkung

source: Plecing Kangkung

Di Bali, ada 2 varian plecing kangkung yang paling terkenal, yakni varian Bali dan Lombok. Pada umumnya plecing kangkung adalah sajian dari kangkung yang direbus dengan bumbu pedas dari sambal dan bahan lainnya yang sudah diulek.

Plecing kangkung lombok terdiri dari sayur, sambal, dan parutan kelapa dan sudah dicampurkan dengan sambal. Kangkung dari Lombok memiliki daun yang lebih lebar dan batang sayur yang lebih renyah dari kangkung lain, serta tidak alot. Parutan kelapa yang diolah gurih dan pedas serta lauk ayam taliwang juga menjadi ciri utama plecing kangkung lombok. Sedangkan plecing kangkung Bali hanya terdiri dari kangkung, sambal, dan kacang. Plecing kangkung Bali tidak menggunakan parutan kelapa dan lebih sering disajikan bersama ayam betutu.

5. Nasi Tepeng

source: Nasi Tepeng

Makanan khas Gianyar ini dimasak dengan campuran lengkap rempah-rempah dan lada yang dilengkapi dengan kacang panjang, daun kelor, kacang merah, terong, nangka muda, kelapa parut, telur, dan suwiran ayam goreng. Umumnya masakan ini berbahan dasar nasi dan disajikan dengan daun pisang sebagai wadahnya untuk sarapan. Karena teksturnya yang lembek dan cenderung pedas, nasi tepeng seringkali mirip dengan nasi uduk dan populer bagi pecinta rasa pedas.

6. Sate Susu

source: Sate Susu

Sebelum Anda pusing memikirkan bagaimana susu bisa ditusuk, perlu diketahui sate ini sebenarnya adalah puting sapi yang disate. Sate susu sapi memiliki rasa yang gurih karena diolah dengan saus bumbu kuning. Teksturnya sendiri lembut dan kenyal. Puting sapi akan direbus terlebih dahulu dengan rempah sebelum dipotong menjadi persegi tipis, dan dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, cabai besar, ketumbar, kemiri, kunyit, dan tomat.

Bumbu sate ini terdiri tepung beras yang dicampur dengan santan, aneka rempah, bahan-bahan lain tadi, bumbu kuning yang dan sedikit pedas. Sate ini jarang ditemui karena merupakan menu khas setiap bulan Ramadhan tanpa waktu penjualan yang pasti.

7. Serombotan

source: Serombotan

Meski sekilas terlihat seperti urap atau pecel, serambotan merupakan makanan khas Bali yang terdiri dari terong bulat, bayam, kacang panjang, buncis, pare, kangkung, dan tauge. Bumbu serombotan dibuat dari kunyit, kencur, lengkuas, dan bumbu kacang pedas. Serombotan bisa disantap sendiri atau bersama dengan nasi dan tipat. Makanan ini juga biasa dibarengi dengan kacang hijau goreng dan parutan kelapa sangrai pun turut digunakan untuk taburan serombotan.

8. Lawar Klungah

source: Lawar Klungah

Jika lawar umumnya dibuat dari daging, lawar klungah berbahan dasar kelapa muda yang biasa cocok untuk es kelapa. Bagian dalam kelapa muda direbus hingga mendidih dan kemudian dicincang kecil. Setelahnya, potongan-potongan tersebut diperas kering. Potongan-potongan kelapa kemudian dibakar dan dicampur dengan bumbu bali, daun lemo cincang, serta bawang goreng. Beberapa varian biasanya menambahan daging ayam cincang kecil-kecil atau daging babi.

9. Lontong Jukut Serapah

source: Lontong Jukut Serapah

Makanan ini cukup unik karena menggunakan berbentuk segitiga atau lonjong dan berukuran lebih besar. Potongan lontong kemudian disajikan dengan dipotong kecil bersama bayam, daun singkong, nangka atau jantung pisang rebus, dan kuah kental telengis yang merupakan campuran minyak kelapa dan santan rebus.

10. Bagiak

source: Bagiak

Anda dapat menemukan kue khas Bali ini di berbagai toko oleh-oleh Bali. Bagiak adalah sejenis makanan ringan yang gurih yang dibuat dari adonan tepung sagu yang dicampur dengan minyak nabati, gula, dan mentega. Bberapa varian menambahkan kelapa parut sangrai atau telur dalam adonan. Campuran ini kemudian dipanggang dalam bungkusan daun. Kue ini biasa berbentuk persegi panjang dan disantap dengan teh atau kopi

Dan sekian adalah 10 makanan khas Bali yang wajib Anda cicipi selama kunjungan Anda! Beberapa dari makanan-makanan tersebut mungkin terdengar asing bagi Anda, namun jangan pernah menilai makanan dari namanya. Siapa tahu justru makanan tersebut menjadi makanan favorit Anda yang baru?

Tertarik dengan makanan khas Bali lain? Kunjungi artikel ini!

Ingin mencari pilihan rental untuk liburan kamu di Bali? Flokq mempunyai beberapa pilihan rental di Bali dengan harga yang sangat terjangkau. Kunjungi Flokq atau klik tombol di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut.

KLIK UNTUK MELIHAT PILIHAN RENTAL DI BALI

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Restoran Terbaik Dekat Bali Zoo: Dari Masakan Tradisional hingga Barat!

5 Restoran Terbaik Dekat Bali Zoo: Dari Masakan Tradisional hingga Barat!

7 Rekomendasi Tempat Adopsi Hewan di Bali Terpercaya

7 Rekomendasi Tempat Adopsi Hewan di Bali Terpercaya

8 Kursus Bahasa Inggris Terbaik di Bali

8 Kursus Bahasa Inggris Terbaik di Bali

13 Rekomendasi Restoran Italia di Bali, Dijamin Enak!

13 Rekomendasi Restoran Italia di Bali, Dijamin Enak!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *