Tempat Wisata Bali: 20 Rekomendasi Lokasi Pariwisata di Bali

Tempat Wisata Bali: 20 Rekomendasi Lokasi Pariwisata di Bali

Siapa yang tak senang berlibur di Pulau Dewata? Setiap daerah di Bali memang memiliki daya tarik masing-masing. Selain punya banyak pantai, Bali menawarkan pemandangan pegunungan dan air terjun yang menarik dan instagrammable. Tak hanya itu, Anda juga bisa menemukan sejumlah taman di Bali yang dapat Anda datangi bersama teman atau keluarga. Sebelum memesan tiket pesawat untuk liburan, ada baiknya Anda simak artikel yang satu ini. Soalnya, Flokq punya 10 rekomendasi tempat wisata Bali dengan keunikan tersendiri. Let’s check it out!

1. Taman Jinja Bali

LokasitTaman bunga ini ada di Banjar Dinas Angsoka, tidak jauh dari komplek Pura Besakih yang terkenal. Objek wisata yang satu ini memang baru dibuka tahun 2019 lalu. Namun demikian, namanya sudah viral di media sosial dan makin mengundang banyak pengunjung.

Sebagai salah satu taman terbaik di Bali, Taman Jinja menyuguhkan pemandangan Gunung Agung dengan tanaman bunga kasna dan gemitir (marigold). Begitu sampai, Anda akan disambut tiang merah layaknya tempat wisata di Jepang.

Anda pun dapat menyewa pakaian tradisional Jepang kimono yang bikin Anda serasa liburan langsung di negeri sakura.

Tak hanya bisa menikmati pemandangan, di sini Anda dapat menemukan beberapa spot instagrammable. Tentunya cocok buat Anda yang suka foto!

2. Tirta Gangga Bali

Dulunya, taman Tirta Gangga adalah taman air Kerajaan Karangasem. Kalau Anda kemari, Anda dapat menemukan kolam yang sangat luas dengan beberapa pancuran air dan patung Bali. Taman ini cukup terkenal di kalangan wisatawan asing dan sering dikunjungi oleh wisatawan domestik.

Tirta Gangga terletak di Desa Ababi, Abang, Karangasem. Dari kawasan Kuta, Anda bisa mencapai tempat ini dalam waktu 2-3 jam menggunakan mobil atau motor.

Taman Tirta Gangga berada di area persawahan dengan luas 1,2 ha. Ketika masuk ke dalam, Anda akan melihat bangunan-bangunan seperti candi. Bangunan tersebut mempunyai tiga tingkatan yang berbeda.

Air kolamnya yang jernih berasal dari mata air Rejasa yang dianggap suci oleh masyarakat sekitar. Anda pun bisa melihat banyak ikan hias berukuran besar di dalam kolam.

Di sisi lain Tirta Gangga terdapat kolam pemandian yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk berenang.

3. Taman Dedari Bali

Ingin merasakan wisata di ‘negeri dongeng’? Nah, jangan lewatkan taman yang satu ini kalau Anda liburan ke Kabupaten Gianyar, Bali.

Taman Dedari Bali terletak di area seluas 1,5 ha yang terdiri atas restoran, galeri seni, taman tropis, dan pemandangan Sungai Ayung. Tempat ini terkenal karena banyaknya patung bidadari menari berukuran besar yang tersebar di beberapa titik.

Begitu Anda masuk lewat gapura, Anda sudah disapa oleh sejumlah patung cantik. Nama ‘Dedari’ sendiri berasal dari kata ‘bidadari’ yang diambil dari legenda turunnya bidadari di Sungai Ayung.

Di desain oleh arsitek terkenal Tjok Gde Raka Sukawati, Taman Dedari memiliki gaya arsitektur yang unik dan khas Bali. Tak heran, banyak calon pengantin melangsungkan pemotretan pre-wedding di Taman Dedari. 

Kalau Anda berkunjung ke sini, Anda bisa melihat karya seni di galeri atau berfoto di spot terbaik. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa makan siang di restoran yang tersedia. Mulai dari masakan Bali sampai menu western bisa Anda coba, lho.

4. Kemenuh Butterfly Park Bali

Sebagai salah satu taman terbaik di Bali, Kemenuh Butterfly Park menggabungkan wisata dan edukasi dalam satu tempat. Terdapat taman yang asri dengan banyak jenis kupu-kupu hinggap di tanaman. Lokasinya pun mudah dijangkau, sebab berada di pinggir jalan raya.

Di sini, Anda dapat mengajak anak-anak untuk belajar tentang siklus hidup kupu-kupu. Selain berfoto atau melihat langsung beragam jenis kupu-kupu, pengunjung juga dapat menikmati makanan di restoran pinggir sawah.

Ada juga toko souvenir kalau Anda ingin membawa pulang cenderamata dari taman kupu-kupu ini.

5. Kebun Raya Bedugul Bali

Layaknya Kebun Raya Bogor, kebun raya ini juga merupakan tempat konservasi dan rekreasi. Terletak di dataran tinggi di Kabupaten Tabanan, Kebun Raya Bedugul sering jadi tujuan wisata akhir pekan oleh masyarakat Bali.

Tempat ini mempunyai lapangan rumput yang sangat luas, sehingga cocok untuk piknik atau acara gathering.

Anda juga bisa menemukan taman anggrek, taman mawar, rumah kaktus, convention center, koleksi bambu, dan kawasan hutan hujan di sini.

Plus, ada spot favorit pengunjung, yaitu bukit rumput yang mengarah ke Danau Beratan!

6. Pondok Edelweiss dan Taman Bunga Kasna

Tak jauh dari Pura Besakih, Anda dapat berkunjung ke Taman (Pondok) Edelweiss dan Taman Bunga Kasna. Tempat ini berada di Desa Temukus, Rendang, Karangasem.

Bak Hitachi Seaside Park di Jepang, taman bunga ini dipenuhi oleh bunga kasna dan gemitir. Konon, bunga kasna yang cantik itu hanya bisa tumbuh di desa ini, lho. Anda dapat menikmati keindahan taman ini dari rumah pohon yang letaknya cukup tinggi.

Kalau mau kemari, jangan di saat mendekati hari raya Hindu seperti Galungan dan Kuningan, ya. Stok bunga di waktu tersebut biasanya lebih sedikit karena dipetik untuk sesajen.

Untuk berwisata ke sini, Anda cukup membayar tiket masuk seharga Rp10 ribu saja.

7. Taman Bunga Matahari

Berlokasi di Marga, Kabupaten Tabanan, taman ini dekat dengan objek wisata lainnya di Bali, seperti Alas Kedaton dan Taman Ayun. Taman ini menawarkan pemandangan alam yang instagrammable dengan bunga-bunga yang sedang mekar.

Taman Bunga Matahari sempat viral di media sosial sebelum jadi tempat wisata baru yang populer. Masa mekar bunga matahari memang hanya sebentar. Tapi tenang saja, tanaman yang sudah mati akan tergantikan oleh bunga-bunga Celosia yang tak kalah cantiknya!

8. Taman Bunga Lotus di Pura Saraswati

Daerah Ubud terkenal sebagai Kota Seni yang menjadi salah satu destinasi wisata di Bali. Nah, selain punya banyak karya seni, di sini juga ada taman yang terkenal, yaitu Taman Saraswati Ubud.

Taman ini merupakan objek wisata yang berada di tengah pura. Banyak wisatawan yang datang kemari untuk melihat keindahan bunga lotus sekaligus menyaksikan pementasan tari tradisional.

9. The Blooms Garden

Destinasi wisata dekat Danau Beratan di Tabanan ini baru dibuka tahun 2019. Di sini, Anda dapat menikmati landscape taman bunga yang cantik seperti Miracle Garden di Dubai.

Ada banyak spot foto yang menarik untuk dicoba, seperti beberapa background dengan pemandangan padang bunga warna warni. Saking ramainya tempat ini, Anda harus bersabar dan antre untuk berfoto.

10. Ujung Karangasem

Lokasi ini adalah peninggalan Kerajaan Karangasem yang dulunya dipakai sebagai tempat peristirahatan raja. Kini, Taman Ujung Sukasada sering dipakai untuk karya wisata. Selain itu, ada banyak pasangan yang memilih tempat ini untuk foto pre-wedding!

11. Pura Tanah Lot

Pemandangan matahari terbenam yang menimbulkan siluet pura Tanah Lot adalah daya tarik utama tempat wisata Bali ini. Anda dapat mengabadikan foto yang luar biasa dengan menggabungkan matahari terbenam dengan ombak laut di bawah dataran pura ini. Tempat wisata ini beralamat di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan.

12. Ubud Monkey Forest

Area hutan lindung ini memiliki pepohonan tinggi yang menyediakan jalur sejuk bagi pegunjung. Monkey Forest juga memiliki pura di dalamnya. Anda juga dapat melakukan aktivitas seperti Ayung Rafting di sini. Selama Anda mengikuti peraturan tempat wisata, Ubud Monkey Forest dapat menjadi lokasi pariwisata yang tenang bagi Anda, pasangan, teman-teman, dan seluruh keluarga.

Anda dapat menemukan tempat wisata ini di jalan Monkey Forest, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

13. Pantai Jimbaran

Kombinasi pasir putih, matahari terbenam, dan menu makanan laut bakar adalah daya tarik utama Pantai Jimbaran. Posisi pantai yang menghadap sisi barat menyajikan pemandangan matahari terbenam secara penuh bagi pengunjung. Ditambah dengan berbagai kafe makanan laut di sepanjang pantai, banyak pengunjung menggunakan tempat wisata Bali ini sebagai lokasi romantis.

14. Bukit Campuhan

Lokasi ini merupakan salah satu tempat wisata Bali terbaru. Dengan pemandangan alam mempesona dan udara segar, bukit ini juga disebut sebagai Bukit Cinta Campuhan. Kerimbunan pepohonan di sekitar bukit juga cukup menyembunyikan lokasi ini dari wisatawan dan menjaga keasriannya. Anda dapat jogging, trekking, maupun mengambil foto-foto terbaik di Bukit Campuhan.

15. Bali Bird Park

Dengan luas area sebesar 2hm, Bali Bird Park merupakan salah satu taman burung terbesar di Indonesia. Tempat wisata Bali ini menampung 1.000 satwa dari 250 spesies burung. Anda juga dapat mengunjungi teater 4D di lokasi.

16. Bali Safari and Marine Park

Tempat wisata ini juga merupakan Taman Safari Indonesia 3 yang menajdi tempat penangkaran hewan-hewan rawan punah. Konsep taman safari ini menggabungkan Bali modern dan Bali kuno. Taman ini juga memberikan edukasi seputar sejarah, mitos, filosofi, dan lainnya yang berhubungan dengan kehidupan liar.

Satwa yang tinggal di Bali Safari and Marine Park berasal dari 3 wilayah, yaitu, India, Indonesia, dan Afrika. Terdapat sekitar 400 satwa yang dapat Anda lihat di taman ini.

17. Kebun Raya Bedugul

Bagi pecinta flora wajib utnuk mengunjungi Kebun Raya Bedugul. Tempat wisata ini adalah salah satu tempat edukasi Bali yang menyimpan banyak koleksi kekayaan botani Indonesia. Lokasi kebun ini ada di jalan kebun raya, Candikuning, Baturiti, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. Anda dapat mencapai kebun ini dengan kendaraan pribadi.

Perlu diperhatikan bahwa jalan menuju kebun cukup rentan. Jalanan dapat menjadi sangat licin selama dan setelah hujan. Anda disarankan untuk mengemudi dengan hati-hati di sepanjang jalan.

18. Goa Gajah

Pembeda utama Goa Gajah dengan candi-candi lain selain dari statusnya yang masih aktif ialah struktur bangunannya. Alih-alih menjulang tinggi, Goa Gajah dibangun memasuki tebing dan masuk kategori goa buatan. Goa Gajah berfungsi sebagai situs suci umat Budha dan Hindu. Pura Goa Gajah juga merupakan salah satu pura tertua di Bali.

19. Pura Tirta Empul Tampak Siring

Kolam jernih dalam pura ini merupakan daya tarik utama Pura Tirta Empul Tampak Siring. Di tengah kolam terdapat sumber mata air yang menjamin kejernihan air. Air dari kolam utama ini dialirkan ke kolam kedua tempat umat Hindu melakukan ritual penyucian.

Karena sifatnya yang suci dan religius, pengunjung wajib menggunakan kain sarung dari pinggul hingga kaki, dan selendang untuk mengikat sarun pada pinggang. Anda dapat membawa sendiri atau menyewa sarung dan selendang di lokasi.

20. Pura Besakih

Lokasi area pura Besakih berada di kaki Gunung Agung, kabupaten Karangasem. Pura ini adalah pura Hindu terbesar dan terluas di Bali. Gunung Agung sendiri adalah gunung berapi aktif tertinggi di pulau Bali dan selalu memberikan udara sejuk di sekitarnya. Jika Anda berkunjung di pagi hari, Anda dapat melihat Gunung Agung dari area pura karena kabut belum turun.

Dalam masa pandemi ini, penting bagi Anda untuk mengikuti protokol kesehatan selama berkunjung ke mana pun. 20 rekomendasi tempat wisata Bali berikut juga termasuk dalam hal tersebut. Selamat berkelana dan tetap


Bingung mencari cindera mata Bali? Anda dapat menemukannya di sini!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

10 Rekomendasi Terbaik Restoran Seafood di Kuta, Bali

10 Rekomendasi Terbaik Restoran Seafood di Kuta, Bali

7 Guesthouse Dekat Pantai Petitenget, Bali dengan Fasilitas Lengkap

7 Guesthouse Dekat Pantai Petitenget, Bali dengan Fasilitas Lengkap

7 Restoran Seafood di Canggu yang Wajib Kamu Coba!

7 Restoran Seafood di Canggu yang Wajib Kamu Coba!

9 Restoran Seafood di Ubud untuk Pengalaman Masakan Bali Terbaik

9 Restoran Seafood di Ubud untuk Pengalaman Masakan Bali Terbaik

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *