Panduan Sepatu untuk Pria: 15 Jenis Sepatu yang Kamu Butuhkan

Siapa yang masih menganggap bahwa cuma cewek aja yang boleh koleksi banyak sepatu? Cowok juga wajib punya beragam jenis sepatu di masa sekarang ini, karena sepatu sudah menjadi salah satu esensi penting untuk fashion di jaman sekarang.

Selain menjadi salah satu esensi penting untuk fashion, pemilihan sepatu yang cocok juga bisa memberikan kita kenyamanan dalam situasi dan kondisi apapun. Itulah mengapa pemilihan sepatu yang tepat itu sangat penting. Kamu akan melihat bahwa sebagian besar sepatu memiliki latar belakang fungsional yang mendasari desainnya masing-masing. Berikut adalah 15 jenis sepatu cowok yang kamu butuhkan untuk berbagai situasi.

1. Oxfords

Oxford adalah salah satu jenis sepatu pria yang kamu butuhkan
Source: Pexel

Bangsawan versi sepatu, Oxfords adalah sepatu terbaik yang bisa dipakai oleh pria. Berasal dari Skotlandia dan Irlandia, sepatu ini mendapatkan popularitas di Universitas Oxford ketika siswa pemberontak mengenakan ini alih-alih sepatu bot setinggi lutut dan pergelangan kaki.

Oxfords adalah jenis sepatu pria paling formal yang bisa kamu miliki dan hanya boleh dikenakan dengan celana resmi. Hitam dan coklat adalah warna yang paling umum karena keserbagunaannya. Sepatu berwarna hitam bisa dikenakan dengan setelan warna apapun asalkan memakai kaos kaki hitam. Sepatu berwarna coklat bisa dipakai dengan kaos kaki warna apapun tapi sangat tidak disarankan dipadukan dengan setelan berwarna hitam. Perbedaan warna yang kontras antara setelan dan sepatu bisa merusak tampilan kamu.

2. Derby

Derby adalah jenis sepatu pria yang kamu butuhkan
Source: Man of Many

Seringkali tertukar dengan Oxford, Derby adalah jenis sepatu yang merupakan ‘kerabat dekat’ Oxford, tetapi bukan jenis sepatu pria yang sama.

Alih-alih memiliki sistem tali pengikat tertutup seperti Oxford, Derby menggunakan sistem tali sepatu terbuka dengan flap dijahit di bawah vamp dan tidak terhubung di depan sepatu. Gaya jahitan ini membuat flap mampu bergerak dan ketika diikat, sepatu terlihat seperti dipecah menjadi beberapa segmen (atas, samping, belakang, dll.).

Awalnya, Derby dibuat sebagai sepatu olahraga dan digunakan di lingkungan yang lebih kasual seperti digunakan untuk berburu. Meskipun Derby bisa dikenakan dalam suasana formal, namun Derby lebih kasual daripada Oxford dan bisa dibilang lebih nyaman dan lebih fungsional karena sejarahnya.

3. Blucher

Blucher adalah salah satu jenis sepatu pria yang kamu butuhkan
Source: Man of Many

Di Amerika Serikat, jenis sepatu Derby dan Blucher sering kali digunakan secara bergantian sebagai sepatu dengan gaya renda depan terbuka, tetapi sebenarnya keduanya adalah dua jenis sepatu pria yang sedikit berbeda.

Jika kamu memperhatikan dengan cukup seksama, kamu bisa melihat bahwa sepatu Derby memiliki dua sisi yang dijahit di bawah vamp, sedangkan Blucher menghubungkan kedua sisi ke vamp. Terlihat sangat mirip, tapi tidak terlalu mirip seperti 11.12.

4. Loafer

Loafer adalah jenis sepatu pria yang kamu butuhkan
Source: Man of Many

Sepatu slip-on di perbatasan antara kasual dan formal, loafer pada dasarnya adalah jenis sepatu perahu yang lebih bergaya. Fungsionalitas slip-on dan keserbagunaan estetikanya membuat Loafer menjadi jenis sepatu favorit bagi seorang profesional di siang hari dan penikmat pesta di malam hari.

Kenyamanan, tampilan, dan keserbagunaannya mengukuhkan Loafer sebagai jenis sepatu yang wajib ada di rak sepatu pria manapun. Loafer masih bisa dikenakan dengan kaos kaki dan akan tetap terlihat modis. Namun, jika kamu memakai Loafer dengan kaos kaki, pilihlah warna kaos kaki apapun asal jangan warna hitam agar tidak terlihat kontras.

5. Brogue

Brogue adalah jenis sepatu pria yang kamu butuhkan
Source: Man of Many

Sepatu Brogue adalah sepatu pria bergaya Oxford, Blucher atau Loafer yang hadir dengan desain berlubang di sepanjang tepi kulit yang tumpang tindih dengan vamp.

Sepatu jenis Brogue sendiri terbagi menjadi 3 gaya: Full Brogue, Semi Brogue, dan Quarter Brogue.

Baca juga: 23 Rekomendasi Sepatu Lokal Indonesia

6. Moccasin

Moccasin adalah jenis sepatu pria yang kamu butuhkan
Source: Kinowear

Bukan sepatu berjenis Loafer, tetapi Moccasin memiliki fungsi slip-on yang sama seperti sepatu berjenis Loafer.

Moccasin terbuat dari kulit dan dijahit dengan sol yang soft. Sepatu jenis Moccasin ini awalnya dipakai di masa ketika penduduk asli Amerika mencari makan di hutan belantara. Dihiasi dengan jumbai, manik-manik, dan desain yang biasanya digambar tangan, Moccasin tidak perlu dipersoalkan lagi di bagian eksentrik.

7. Chukka

Chukka adalah salah satu jenis sepatu pria
Source: Man of Many

Chukka adalah jenis sepatu bot se-pergelangan kaki untuk pria bergaya Derby. Biasanya terbuat dari kulit sapi atau suede, Chukka dibuat dengan menggunakan dua hingga tiga set lubang tali dan sistem tali terbuka untuk mengamankan perempat bagian atas lidah sepatu bot.

8. Desert Boot

Desert Boot salah satu jenis sepatu cowok
Source: Man of Many

Desert Boot diberi nama sesuai dengan sepatu bot suede berwarna coklat muda yang dipakai tentara Inggris ketika mereka bertugas di gurun selama Perang Dunia II. Meskipun sangat mirip dengan Chukka dalam gaya, perbedaan antara Desert Boot dan Chukka ada pada riasan tunggalnya. Desert Boots memiliki sol karet dan chukka memiliki sol kulit.

9. Wingtips

Sepatu jenis wingtip
Source: Kinowear

Biasanya disebut sebagai sepatu Oxford dengan detail Brogue. Lubang-lubang seperti sepatu jenis Brogue itu awalnya didesain untuk mengalirkan air ketika orang Irlandia menggunakannya untuk menyeberangi rawa-rawa.

Sepatu jenis Wingtip ini sangat bagus untuk digunakan sebagai alternatif dari Oxford atau jika kamu ingin sedikit lebih bergaya ketika berdandan formal.

10. Boat Shoes

Boat shoes
Source: Man of Many

Boat Shoes adalah sepatu kasual terbaik yang bisa dipakai oleh pria. Kemudahan fungsi slip-on-nya membuat Boat Shoes menjadi favorit banyak orang.

Biasanya, Boat Shoes berpenampilan seperti sepatu berjenis Derby atau Bluchers dengan gaya Loafer dengan tali sepatu kulit yang mengikat lidah sepatu. Boat Shoes yang khas memiliki renda kulit yang dijalin melalui kerah sepatu dan mengikat di lidah sepatu, untuk mengamankan sepatu lebih erat. Pasangkan Boat Shoes dengan pakaian yacht atau pakaian renang yang paling pas untuk pilihan sepatu grip tanpa selip yang modis.

Baca juga: 8 Tempat Laundry Sepatu Jakarta

11. Sneakers

jenis sepatu sneakers
Source: Pexel

Lengkapi pakaian kasual kamu dengan sepasang sepatu Sneakers yang serasi dengan celana dan kaos kamu. Tidak ada teknologi yang wah dari sepatu jenis ini, hanya sol karet, kanvas yang diwarnai, dan estetika ketika difoto yang bisa menghangatkan hati. Semakin sederhana warnanya, semakin abadi tampilannya.

12. Trainers

Sepatu trainers nyaman untuk kegiatan sehari-hari
Source: Pexel

Sepatu Sneakers modern dengan penekanan pada kenyamanannya, baik itu busa atau bantalan udara untuk menopang pangkal kaki kamu serta atasan yang lembut dan ringan untuk membungkus kaki kamu.

Jika kamu menginginkan sesuatu yang bisa diandalkan, visual yang menarik, dukungan ringan, dan teknologi sepatu yang mutakhir, kamu tidak akan pernah salah jika memilih sepatu jenis Trainers.

Jenis sepatu Trainers adalah, dan akan selalu menjadi, pilihan yang paling nyaman untuk digunakan sehari-hari. Bukan hanya fungsional untuk menunjang aktivitas, sepatu cowok ini juga dapat menunjang estetika penampilan.

13. Leather Boot

leather boots
Source: Pexel

Leather Boot adalah juara yang tak terbantahkan dalam hal gaya dalam hal sepatu untuk musim dingin. Bahan kulitnya yang tahan air dan juga tahan lama membentuk eksterior yang kuat untuk menahan cuaca ekstrem.

Belakangan, sepatu pria ini juga menjadi salah satu jenis sepatu kasual karena daya tahannya dan cukup nyaman dipakai ke mana saja.

14. Combat Boot

combat boot
Source: Kinowear

Jenis sepatu bot yang paling gagah, dari lubang tali berenda logam hingga sol yang diperkuat memberikan eksterior dari Combat Boot terlihat gagah.

Combat Boot juga merupakan pasangan yang sempurna untuk mantel atau sekedar celana jeans dan kaos. Sepatu cowok yang satu ini juga cocok untuk menemani aktivitas Sunday Morning Ride kamu dengan kendaraan favorit kamu, Flokqers!

15. Chelsea Boot

Chelsea Boot adalah favorit rockstar Inggris
Source: Man of Many

Dipopulerkan secara luas oleh bintang-bintang rock dari Inggris, lapisan kulit yang halus cari sepatu jenis Chelsea ini menjadikannya pilihan paling tepat dari sepatu bot musim dingin dan sangat cocok dipadukan dengan mantel.

Namun, karena di Indonesia tidak ada musim dingin, maka sepatu cowok yang satu ini sangat cocok digunakan untuk kegiatan di dalam ruangan.

Baca juga: Desain Walk-In Closet untuk Penyimpanan Sepatu dan Pakaianmu


Nah, itu dia 15 jenis sepatu pria yang kamu butuhkan untuk berbagai situasi. Nggak semua sepatu itu cocok untuk dipakai sehari-hari, maka dari itu kamu sebagai cowok harus terampil memilih jenis sepatu yang kamu gunakan dalam berbagai situasi supaya kamu bisa selalu tampil keren dan modis.

Setelah melihat daftar jenis sepatu tadi, kira-kira sepatu jenis apa nih yang jadi favorit kamu, Flokqers?

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *