Panduan Lengkap Alkohol dan Minuman Keras Indonesia

Panduan Lengkap Alkohol dan Minuman Keras Indonesia

Bagi yang tidak tahu apa-apa, Indonesia mungkin seperti gurun dalam hal pilihan minuman keras lokal. Namun, Indonesia sebenarnya memiliki berbagai minuman keras dengan kearifan lokal. Inilah beberapa minuman alkohol lokal Indonesia yang terkenal.

Baca juga tentang rokok khas Indonesia!

Budaya Indonesia

Sebenarnya meminum minuman keras bukanlah sesuatu yang setabu itu di Indonesia, namun beberapa daerah mungkin lebih tidak suka hal-hal berbau alkohol. Namun, kalau kalian pergi ke kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya, biasanya ada lebih banyak tempat dimana kalian bisa bersantai tanpa diberi sanksi sosial berlebihan. Terutama untuk orang luar negeri, biasanya masyarakat lokal akan membiarkan dan tidak memasalahkan. Beda halnya apabila itu orang Indonesia.

11 Minuman Keras Khas Indonesia

1. Cap Tikus

Cap Tikus
Rp. 120,000

Nama minuman alkohol lokal Indonesia ini secara harfiah diterjemahkan menjadi Tanda Tikus. Minuman alkohol ini berasal dari sebuah daerah di Sulawesi Utara bernama Minahasa. Cap Tikus berasal dari air nira atau “air Nira” dari pohon Arenga yang difermentasi dan disuling. Minuman ini memiliki makna historis di masa lalu Minahasa untuk dikonsumsi bangsawan dan rakyat jelata dalam ritual tradisional.

Minuman beralkohol ini memberikan rasa yang kuat yang mungkin membuat kamu teringat akan rasanya. Selain itu, rasa pelit yang menjadi ciri khas minuman ini. Paling baik disajikan dingin, di atas es dan bisa memberikan rasa yang enak saat digunakan untuk membasuh sashimi. Sama dengan minuman beralkohol lainnya, Cap Tikus juga digunakan sebagai bahan masakan mulai dari kue hingga hidangan daging lokal.

Baca lebih lanjut tentang Cap Tikus!

2. Arak Bali

Arak Bali
Rp. 135,000

Tidak mengherankan jika minuman alkohol lokal Indonesia yang berasal dari Bali ada di daftar ini. Mengingat peraturan di Bali yang relatif longgar mengenai minuman beralkohol, jika kamu kebetulan mampir ke Pulau Dewata, cobalah Arak Bali. Karena undang-undang yang longgar, kamu bahkan bisa mendapatkannya di hampir semua minimarket di Bali. Itu terbuat dari beras putih yang difermentasi dan telah menjadi bagian dari tradisi Bali sejak lama.

Arak Bali digunakan sebagai bagian dari tradisi Bali sebagai bagian dari sesaji dalam prosesi. Dapat disajikan polos atau dibuat menjadi koktail lokal. Arak Bali dapat menjadi bahan untuk memproduksi mojito Kuba yang terkenal atau dicampur dengan madu, yang menjadi campuran favorit lokal yang dapat ditemukan di banyak bar dan klub di Bali, dan juga sebagai pelengkap dalam membuat penne ayam yang creamy. Aromanya cukup menyengat, jadi berhati-hatilah saat mencicipinya untuk pertama kali!

Baca lebih lanjut tentang Arak Bali!

3. Brem Bali

Brem Bali
Rp. 150,000

Bersama Arak Bali, Brem Bali bisa dibilang berdiri di sampingnya dalam hal kualitas dan popularitas. Berbeda dengan Arak Bali, Brem Bali merupakan salah satu jenis wine yang berasal dari mellow rice. Fungsi seremonial minuman alkohol ini mirip dengan Arak Bali. Kaya akan rasa, pahit di aftertaste-nya, cocok untuk sajian sebelum makan malam. Singkatnya, ini memiliki karakteristik wine dengan spesialisasi Bali dan diklasifikasikan sebagai minuman alkohol lokal Indonesia yang wajib dicoba.

4. Congyang

Makanan khas dari kota Semarang yang paling terkenal antara lain Lumpia, Wingko Babat, atau Bandeng Presto-nya, Congyang menambah koleksi keunikan Semarang. Diketahui bahwa Congyang dibuat dari pendahulunya, A Djong, tetapi karena kehilangan popularitasnya, ia kembali populer sebagai Congyang. Lahir dari kreativitas Koh Tiong, minuman alkohol lokal Indonesia ini menumbuhkan popularitasnya dari Pecinan Semarang sendiri, membuat beberapa orang memperdebatkan signifikansi budayanya dalam hal sejarah orang Tionghoa-Indonesia. 

5. Anggur Merah

Anggur Merah
Rp. 50,000

Bisa dibilang diantara minuman alkohol klasik lokal Indonesia, jika ada yang namanya minuman klasik tapi sekaligus pop liquor, Anggur Orang Tua bisa dianggap demikian. Membanggakan Logo Orang Tua yang terkenal, julukan seperti OT, Angput, singkatan dari anggur putih atau anggur putih, untuk varian putih, dan Amer, singkatan dari anggur merah atau anggur merah untuk varian merah, ketidakpatuhan orang Indonesia sudah berkali-kali dimulai dengan minuman alkohol ini. Sentuhan klasik Indonesia pada fermentasi anggur dengan rasa manisnya yang khas. Salah satu campuran Amer yang diketahui adalah mencampurnya dengan bir Pilsener. Ini menghasilkan Abidin yang merupakan kependekan dari Amer dan bir dingin atau Amer dengan bir dingin.

Baca lebih lanjut tentang Anggur Merah (Amer)!

6. Ciu

Minuman yang satu ini tentu bukan minuman yang asing di pembicaraan orang Indonesia. Ciu bisa dibilang adalah istilah umum untuk menyebut minuman fermentasi tradisional. Ada dua jenis yang paling mudah ditemui, yakni yang terbuat dari tetes tape dan yang terbuat dari tetes tebu. Jenis yang pertama dipercaya berasal dari Banyumas dan sekitarnya, sedangkan jenis kedua dari desa Bekonang, sehingga sering disebut ciu Bekonang.

Baca lebih lanjut tentang Ciu!

7. Moke atau Sopi

Moke atau Sopi adalah minuman keras yang difermentasi dari buah dan bunga pohon enau dan siwalan (lontar) menggunakan batang bambu. Warnanya bervariasi, dari bening hingga keruh, dari putih hingga kuning. Minuman khas NTT ini simbol adat yang digunakan dalam upacara-upacara tradisional, simbol persaudaraan, dan simbol pergaulan di daerah asalnya. Terdapat dua jenis moke, yaitu moke putih dan moke hitam yang sedikit berbeda dalam proses penyulingan dan pemanfaatannya.

8. Ballo

Ballo merupakan minuman keras yang dibuat dari getah pohon lontar. Minuman ini termasuk salah satu minuman khas Toraja, Sulawesi Selatan dengan penyajian unik dengan gelas bambu. Minuman ini sering disajikan masyarakat Toraja ketika sedang mengadakan pertemuan atau menggelar ritual keagamaan. Terdapat dua jenis Ballo, yang pertama memiliki rasa manis dan ringan dengan kandungan alkohol sekitar 10 persen, sementara varian kedua lebih keras dan asam.

9. Swansrai

Swansrai merupakan minuman keras yang terbuat dari fermentasi air pohon kelapa khas Papua. Penyajiannya unik dengan menggunakan wadah dari tempurung kelapa. Kadar alkoholnya cukup tinggi di kisaran 20-30%. Minuman ini konon hanya disajikan warga setempat untuk menghormati tamu yang dianggap penting. Layaknya fermentasi tanaman kelapa lain, swansrai memiliki warna putih yang keruh.

10. Cukrik

Minuman khas Jawa Timur ini terkenal di Surabaya dan Gresik. Sebagai minuman sejenis arak, warnanya putih bening hingga keruh. Meski cukup digandrungi pemuda, kamu perlu hati-hati dengan minuman keras yang satu ini. Sebabnya, minuman ini kerap dijual sebagai minuman keras oplosan dan dianggap ilegal. Minuman ini mengandung alkohol yang tinggi hingga 40 persen dan kerap dicampur spiritus oleh penjualnya dalam botol mineral bekas.

11. Lapen

Minuman keras lain dari Pulau Jawa dengan kadar alkohol yang tinggi. Minuman khas Yogyakarta ini merupakan campuran alkohol murni dengan air yang kemudian dicampur dengan perasa buah-buahan. Jika kamu berkesempatan mencobanya, kamu pun harus berhati-hati karena tidak ada standardisasi khusus untuk produksinya dan membuat alkohol ini dijual secara oplosan.

8 Minuman Keras Produksi di Indonesia

1. Vodka

Seiring dengan fermentasi tradisional yang dimiliki Indonesia, ia juga menghasilkan favorit internasional seperti vodka dari merek lokalnya. Merek Orang Tua sebelumnya juga memproduksi vodka sendiri bernama Iceland. Bisa dibilang pilihan murah untuk vodka di pesta Indonesia. Produk vodka lainnya adalah Vibe. Ini bisa dibilang pemain baru di pasar dibandingkan dengan Orang Tua. Namun, ia masih berhasil membuktikan nilainya dengan menyabet Brand of the Year 2019 di Asia International Spirits Competition.

2. Soju

Alkohol yang berasal dari budaya Korea ini juga diproduksi di Indonesia. Beberapa contoh produk lokalnya adalah Soju Daebak dari PT Jojobu Jarum Minahasa yang juga memproduksi Cap tikus, Soju Baram asal Jawa Timur, dan Soju Seven Days yang diproduksi di ibukota.


3. Rum

Alkohol yang satu ini tentu merupakan salah satu jenis paling terkenal di dunia. Dibuat dari fermentasi dan distilasi tetes tebu atau air tebu, minuman ini cukup populer di Karibia atau daerah Amerika selatan secara lebih luas. Naga Rum dan VINES adalah dua contoh dari rum lokal Indonesia.


4. Gin

Untuk kalian yang ingin merasakan sesuatu yang lebih keras dan terasa alkoholnya, pilihlah gin lokal. Beberapa merk gin populer Indonesia adalah dari Vines dan Gilbey’s.


5. Bir

Source: birbintang.co.id

Untuk kalian yang menginginkan alkohol lokal ringan, tentu bir lokal Indonesia bisa dijadikan referensi. Bahkan bisa dibilang bahwa pengunjung mancanegara banyak yang tertarik terhadap bir buatan Indonesia ini. Beberapa bir terkenal produksi Indonesia adalah Bintang, Anker, Bali Hai, Storm Beer, dan Stark Craft Beer.


6. Cider

Untuk alternatif minuman beralkohol yang juga ringan kadarnya, kalian bisa mencoba cider lokal Indonesia. Salah satu merk cider terkenal di Indonesia adalah Albens Cider.


7. Wine

Untuk minuman yang cocok untuk disandingkan dengan hidangan atau makan malam berkelas, cobalah wine Indonesia. Beberapa merk wine Indonesia adalah dari VINE, Sababay, dan Plaga.


8. Wiski

Untuk kadar yang cukup kuat lagi, coba wiski. Contoh merk lokal adalah Omrach.

Golongan Kadar Alkohol


Golongan C

Sacara hukum, alkohol golongan C di Indonesia adalah yang mengandung etil alkohol atau etanol dengan kadar terbesar yaitu lebih dari 20% sampai 55%.


Golongan B

Untuk golongan B, kategori ini diberikan ke minuman dengan etil alkohol atau etanol lebih dari 5% sampai 20%. Anggur merah adalah salah satu contoh alkohol kelas B.


Golongan A

Yang terakhir adalah golongan paling ringan kadarnya, dengan kadar sampai dengan 5% saja untuk kandungan etil alkoholnya atau etanol. Contoh dari golongan ini adalah berbagai bir yang tersedia di Indonesia.

Dampak Kesehatan

Sebenarnya ‘peraturan’ untuk meminum minuman keras adalah kurang lebih sama seperti mengkonsumsi hal-hal lainnya: jangan terlalu banyak. Tentu minuman keras adalah teman yang baik untuk berkumpul bersama teman-teman dalam kadar tertentu. Juga ada khasiat untuk menenangkan diri. Namun jika berlebihan bisa menyebabkan ketergantungan dan berbagai masalah organ dalam.

Ingatlah bahwa membeli minuman alkohol lokal Indonesia ini relatif mudah. Artinya daftar minuman alkohol yang disebutkan di atas adalah yang bisa kamu dapatkan dari teman-teman Indonesia kamu atau dari situs web e-Commerce roaming seperti Tokopedia, Shopee, atau Blibli. Selain itu, daftar ini bahkan tidak dapat dianggap untuk memulai pencarian ekstensif untuk menyebutkan berbagai campuran dan pencocokan yang dapat kamu lakukan dengan minuman alkohol ini selain hanya memberikan sedikit pengantar.

Masih banyak minuman beralkohol yang bisa kamu tambahkan ke koleksi kamu mulai dari yang tradisional seperti Tuak, atau Arak, hingga yang lebih modern seperti Topi Miring, Columbus, atau Intisari. Tetapi seperti semua perkenalan, pencarian informasi lebih lanjut semuanya bergantung pada kamu!

Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

13 Restoran Italia Bali: Menjanjikan dan Terenak

13 Restoran Italia Bali: Menjanjikan dan Terenak

Lawar Bali: Hidangan Khas Cita Rasa Bali

Lawar Bali: Hidangan Khas Cita Rasa Bali

Memperkenalkan Nyat Nyat: Makanan Khas Bali Terkenal Nikmat

Memperkenalkan Nyat Nyat: Makanan Khas Bali Terkenal Nikmat

10 Restoran Meksiko Bali: Wajib Kamu Coba!

10 Restoran Meksiko Bali: Wajib Kamu Coba!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *