Ini 7 Cara Membuat Ruangan Lebih Sejuk Tanpa AC

Ini 7 Cara Membuat Ruangan Lebih Sejuk Tanpa AC

Jika merasa udara terasa panas dan gerah, pasti kamu akan mencari sesuatu yang sejuk untuk mengantisipasinya, kan? Baik itu minuman dingin yang segar atau ruangan yang dingin. Nah, bagaimana kalau tidak punya AC atau ingin menghemat listrik dengan mengurangi pemakaian AC? Tenang, kamu bisa memiliki ruangan yang lebih sejuk walau tanpa AC, kok. Selain menggunakan kipas angin, berikut ini 7 cara lain yang bisa membuat ruangan terasa lebih sejuk.

1. Menggunakan lampu dengan hemat

Kamu pasti sudah tau tips yang satu ini. Mematikan lampu memang bisa mengurangi hawa panas dalam ruangan. Jadi, matikanlah lampu ruangan yang tidak perlu, terutama di siang hari. Kalau kamu tidak suka gelap di malam hari, bisa menggunakan lampu meja yang agak redup dan watt kecil, ya. Selain hemat listrik, cara ini bisa membantu ruangan menjadi lebih adem.

2. Memasang exhaust fan (kipas exhaust)

cara membuat ruangan sejuk - exhaust fan atau kipas eksos
zameen.com

Cara membuat ruangan lebih sejuk selanjutnya adalah dengan memasang exhaust fan. Kamu bisa memasang exhaust fan di ruang dapur dan kamar mandi. Benda ini berfungsi untuk menarik udara ke luar rumah saat mandi, dan menarik udara panas yang dihasilkan setelah memasak. Dengan exhaust fan, udara panas yang membuat gerah di ruanganmu akan berkurang!


Baca juga: Cara Memasang Wallpaper Sendiri di Rumah


3. Memasang gorden yang tebal

cara membuat ruangan sejuk - tirai atau gorden tebal
today.com

Untuk menghalau sinar matahari berlebihan masuk ke dalam ruangan, pasanglah tirai atau gorden yang tebal. Dengan berkurangnya cahaya matahari yang masuk, suhu ruangan pun akan menurun secara alami. Untuk memberi efek terbaik, pilihlah tirai berwarna netral dengan pelapis plastik putih. Tirai seperti ini diklaim mampu mengurangi panas sampai 33 persen, lho.

4. Menggunakan cat warna cerah untuk dinding

Cara membuat ruangan lebih sejuk tanpa AC lainnya adalah dengan menggunakan cat warna yang cerah untuk dinding. Warna cerah pada ruangan akan membawa efek yang lebih sejuk. Kamu bisa memilihh warna cerah seperti seperti putih, kuning, atau pastel. Berbeda dengan warna gelap, warna-warna cerah akan memantulkan cahaya matahari sehingga ruangan tidak terasa begitu panas.

5. Membuat “AC buatan”

cara membuat ruangan sejuk - AC buatan
thesun.co.uk

Kamu ingin merasakan udara berhembus yang dingin seperti udara dari AC? Nah, ada cara sederhananya, lho. Kamu membutuhkan kipas angin, es batu, dan wadah yang luas. Letakkan banyak es batu di wadah luas, kemudian letakkan di depan kipas angin. Nyalakan kipas angin dan kamu akan merasakan sensasi udara dingin yang menyejukkan di ruanganmu!


Baca juga: 8 Tips Dekorasi Rumah yang Mudah


6. Hindari barang yang terlalu banyak dalam ruangan

cara membuat ruangan sejuk - jangan menumpuk barang
youthincmag.com

Cara ini bisa diterapkan bukan hanya untuk membuat ruangan lebih sejuk, tetapi juga membuat ruangan terlihat rapi dan luas. Jangan menumpuk terlalu banyak barang dalam ruangan, ya! Ruangan yang penuh dengan barang akan membuatnya terlihat sempit dan sumpek. Tidak hanya itu, debu yang menempel pada tumpukan barang juga bisa mengganggu pernapasan. Supaya ruangan semakin sejuk dan tidak sumpek, hanya simpan barang yang kamu perlukan dan singkirkan barang yang tidak terlalu penting.

7. Mengganti seprai dan sarung bantal-guling

Nah, cara yang ini bisa diterapkan di kamarmu. Cobalah mengganti seprai dan sarung bantal dengan bahan yang lebih adem, contohnya katun. Sama seperti baju, bahan katun lebih mudah ‘bernapas’ sehingga bisa menjaga permukaannya tetap dingin. Selain itu, coba gunakan bantal yang berisi kulit ari gandum atau buckwheat, karena bantal jenis ini tak akan menahan panas tubuh kamu.


Itulah 7 cara sederhana untuk membuat ruangan terasa lebih sejuk walaupun tanpa AC. Bagaimana? Mudah, kan? Kamu bisa menerapkannya di rumah, apartemen, atau kost. Semoga ruanganmu semakin adem ya, walaupun cuaca di luar panas.

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

How to Clean Your Laptop Properly at Home (Easily)

How to Clean Your Laptop Properly at Home (Easily)

Cara Membersihkan Laptop yang Tepat, Mudah dan Aman!

Cara Membersihkan Laptop yang Tepat, Mudah dan Aman!

10 Gift Wrapping Ideas: Simple and Easy!

10 Gift Wrapping Ideas: Simple and Easy!

Inspirasi Rumah Kontainer untuk Hunian yang Unik

Inspirasi Rumah Kontainer untuk Hunian yang Unik

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *