Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Sarung Bali: Panduan Lengkap

Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Sarung Bali: Panduan Lengkap

Saat menginap di Bali, Anda mungkin melihat beberapa penduduk setempat mengenakan pakaian yang menutupi bagian bawah tubuh mereka. Desain dan motifnya terlihat sangat rapi. Kemudian Anda menyadari bahwa mereka juga menggunakannya untuk patung dan benda lainnya. Apakah mereka? Itu adalah sarung! Dengan kain sarung tradisional Bali yang bercorak kotak-kotak. Apa itu sarung? haruskah saya memakainya? Dan jenis etiket apa yang diharapkan dari saya saat memakainya? Jangan khawatir! Anda akan mengetahui semua itu dalam beberapa menit ke depan dengan membaca Panduan Sarung Bali ini

Baca juga: 14 Restoran Canggu Terbaik: Murah dan Lezat!

Apa Itu Sarung?

Apa itu sarung?
Source: pixabay

Sarung merupakan pakaian adat yang sering dikenakan oleh masyarakat Bali. Mereka adalah pakaian yang panjangnya sekitar 170 hingga 185 cm, berbentuk persegi panjang. Kebanyakan sarung memiliki berbagai bentuk, ukuran, dan pola. Hal ini dikarenakan sarung tidak hanya dikenakan oleh masyarakat Bali saja, tetapi masyarakat Indonesia pada umumnya. Di Indonesia dan Malaysia, sarung sering digunakan saat menghadiri salat setempat di masjid.

Seperti yang Anda ketahui, sejarah pakaian ini tersebar di seluruh negara di Samudra Hindia. Dari tepi Madagaskar, Jazirah Arab, Sri Lanka, hingga Indonesia. Dengan cara berbeda dalam memakainya dan membuatnya, sarung menjadi warisan bersama dengan banyak cabang.
Di Bali, orang juga memakai Sarung saat beribadah di pura setempat. Meski dengan tradisi tersebut, masyarakat pada umumnya hanya menggunakan sarung saat akan beraktivitas.

Sarung tersedia dalam berbagai jenis, warna, kain, dan motif yang bisa Anda pilih. Tak jarang pula Anda akan menemukan sarung yang dihiasi lambang batik nasional di dalamnya. Bagian terbaiknya adalah ada ratusan jenis sarung yang bisa Anda beli dan pakai untuk dibuat sendiri.

Sarung adalah pakaian uniseks, dan baik pria maupun wanita di Bali memakainya dalam kehidupan sehari-hari. Perlu dicatat bahwa pria dan wanita mengenakan pakaian yang berbeda selain sarung.

Mengapa Memakai Sarung?

Alasan mengapa Anda harus memakai sarung cukup sederhana. Itu karena iklim dan kelembapan setempat. Orang sering memakai sarung karena kelembapannya yang membuat mudah mengeluarkan keringat. Sarung adalah pilihan pakaian yang tepat saat anda sedang istirahat di rumah. Ini memungkinkan sirkulasi udara, mencegahnya berkeringat.

Alternatifnya, orang juga memakai sarung untuk keperluan upacara. Jadi untuk mengikuti tradisi sekaligus merasa nyaman, orang memakai sarung. Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang etiket sarung di bawah ini.

Bagaimana Cara Memakai Sarung?

cara memakai sarung bali
Source: pinterest

Oke, Sekarang mari kita pelajari cara memakainya! Inilah salah satu cara memakai sarung. Ini akan menutupi Anda dari pinggul hingga kaki Anda.

● Langkah 1: lebarkan sisi kiri dan kanan penutup Sarung Anda
● Langkah 2: lipat sayap kiri tepat di bawah sayap kanan
● Langkah 3: buat ujung keluar dari sayap kanan
● Langkah 4: Ikat dan gulung sisi kanan tempat kedua sayap berada

Tonton video ini agar Anda bisa mencobanya!

Dimana Membelinya?

tempat membeli sarung bali
Source: Bali products

Ada banyak toko tempat Anda bisa membeli sarung. Dari toko sarung khusus hingga toko butik yang menjual sarung buatan lokal. Berikut beberapa tempat di mana Anda bisa membeli sarung dan barang-barang buatan Bali lainnya! Atau, Anda bahkan dapat berbelanja online dan memberi tahu mereka produk mana yang Anda minati!

1. Pabrik Sarung Bali | Pareo – Produsen Canga, Pakaian & Aksesoris

Jika Anda ingin sarung handmade, pareo, dan garmen lainnya dengan berbagai inspirasi desain, mulai dari batik tradisional hingga desain yang terinspirasi dari Bob Marley (I know! Luar biasa, bukan?), Anda bisa datang ke tempat ini dan melihat-lihat desainnya!

Alamat: Jl. Taman Pancing Timur Jl. Kepaon No.48, Pemogan, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80221

2. Sarung Balifu

Sarung Balifu menjual berbagai macam pakaian dengan infus desain batik. Pakaian semacam itu termasuk sarung, kimono, tas, handuk pantai, dan bahkan penutup papan selancar. Kunjungi toko mereka untuk melihat koleksi barang batik mereka yang luar biasa!

Alamat: Jl. Double Six No. Blok 1, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361

3. Galeri Sarung Batik Azfin Art Shop Bali

Sarung batik Azfin bangga memproduksi batik cap tangan paling otentik yang kepemilikannya telah diwariskan dari generasi ke generasi. Batik mereka sangat terinspirasi oleh karya dan desain kota Pekalongan, kota batik.

Alamat: Jl. Taman Pancing, Pemogan, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80223

4. Sarung Batik Senada

Sarung batik Senada dimulai sebagai produsen pakaian anak pada tahun 1980-an. Itu memungkinkan mereka untuk menjadi kreatif dan eksploratif dalam desain dan warna mereka. Toko mereka adalah milik keluarga dan juga membantu keluarga lain, seperti ibu rumah tangga, untuk mendapatkan penghasilan dari membuat desain batik yang indah.

Alamat: Jl. Arjuna No.24a, Seminyak, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361

5. Astra Deco

Astra deco mengambil pendekatan modern dan sederhana terhadap sarung dan produk lain yang mereka buat, sekaligus memastikan 100% kualitas barang mereka. Mereka telah mengekspor produk mereka ke beberapa bagian Amerika Utara dan Spanyol untuk membuktikan kualitas produk mereka.

Alamat: Jl. Dewi Kausalya No.7A, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361

Etiket Sarung

etika memakai sarung bali
Source: pexels

Sekarang Anda telah membeli sarung sendiri, yuk cari tahu kapan dan kapan untuk tidak mengenakan sarung saat Anda tinggal di Bali! Biasanya orang memakai sarung sepanjang waktu. Tapi, peristiwa tertentu di mana orang akan mengenakan sarung adalah saat bulan purnama. Jika Anda menghadiri upacara keagamaan, mengenakan sarung adalah suatu keharusan! Selain itu, berikut adalah etiket lain yang harus Anda ikuti:

● Untuk menghormati, kenakan pakaian berwarna kuning dan putih. Di antara keduanya, putih adalah pilihan yang lebih baik hanya untuk amannya. Warna-warna ini merepresentasikan kesucian dalam budaya Bali
● Kenakan pakaian yang menutupi tubuh Anda dengan baik. Itu berarti tanpa bikini, tanpa crop top, dll.
● Berhati-hatilah dengan kaki Anda. Budaya yang meremehkan unjuk kaki juga ada di negara lain seperti Jepang. Idenya sama. Saat Anda duduk, pastikan untuk duduk dengan cara menyembunyikan kaki Anda
● Berhati-hatilah dengan tindakan Anda selama upacara. Mohon tidak melakukan hal-hal seperti berfoto dengan pendeta atau hal-hal lain yang dapat mengganggu upacara.

Anda mungkin juga bertanya-tanya mengapa orang menggunakan sarung pada patung dan pohon. Sederhananya, tradisi ini dilakukan untuk melindungi diri dari bahaya. Satu hal menarik lainnya untuk diketahui adalah bahwa pola hitam dan putih dari banyak sarung ini mewakili kesederhanaan dan keseimbangan.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Keluarga Terbaik Di Bali Untuk Liburan Keluarga Yang Menyenangkan

Selesai! Sekarang, Anda jadi tahu apa itu sarung, di mana membelinya, dan etiket yang menyertainya. Sarung adalah alternatif yang sangat enak untuk pakaian biasa Anda. Sangat sempurna untuk memulai hidup Anda di Bali dan membenamkan diri dalam budaya mereka. Semoga panduan Sarung Bali ini membantu ya!


Ingin mencari tempat rental untuk liburan di Bali? Flokq memiliki beberapa pilihan rental dengan harga yang lebih terjangkau. Kunjungi Flokq untuk mengetahui lebih lanjut!

KLIK UNTUK MELIHAT PILIHAN RENTAL DI BALI
Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Kost Eksklusif di Jakarta Selatan Dengan Harga Yang Terbaik

5 Kost Eksklusif di Jakarta Selatan Dengan Harga Yang Terbaik

Sewa Apartemen Bulanan Di Jakarta Barat Di Bawah 4 Juta Rupiah: Rekomendasi Kami

Sewa Apartemen Bulanan Di Jakarta Barat Di Bawah 4 Juta Rupiah: Rekomendasi Kami

Panduan Legian, Bali: Pengantar Singkat untuk Berkeliling

Panduan Legian, Bali: Pengantar Singkat untuk Berkeliling

9 Fakta Perjalanan Hidup Pangeran Philip yang Harus Kamu Ketahui!

9 Fakta Perjalanan Hidup Pangeran Philip yang Harus Kamu Ketahui!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *