Volunteer di Bali: Tips dan Rekomendasi Program

Volunteer di Bali: Tips dan Rekomendasi Program

Bali sebagai salah satu pulau terindah di Indonesia memang menjadi tujuan wisata yang populer. Banyak orang ingin menghabiskan liburannya di Bali untuk melihat pemandangan alam yang indah, merasakan suasana santai dengan retret yoga, atau menyaksikan tradisi dan budaya Bali dari pura yang megah. Tapi tahukah Anda bahwa ada hal-hal yang dapat Anda lakukan di Bali yang memungkinkan Anda untuk menghabiskan perjalanan yang mengasyikkan sekaligus aktivitas yang berkesan pada saat yang bersamaan? Ini adalah program sukarelawan! Dengan melakukan program relawan di Bali, Anda akan mendapatkan pengalaman baru dalam perjalanan Anda ke Bali. Cukup ingin tahu lebih banyak? Ikuti panduan kami tentang menjadi sukarelawan di Bali untuk pemahaman yang jelas.

Baca juga: 6 Komunitas Peduli Pantai di Bali: Yuk, Gabung dan Bersih-bersih Pantai Bersama!

Manfaat Volunteer di Bali

Berpartisipasi dalam program volunteer di Bali secara serius memiliki banyak manfaat baik bagi Anda sendiri maupun masyarakat Bali. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda bisa mendapatkan liburan yang menyenangkan dan pengalaman yang mengesankan pada saat yang sama selama program volunteer. Selain itu, menjadi volunteer di Bali juga mempunyai beberapa manfaat baik. Berikut adalah beberapa manfaat tersebut:

1. Wawasan baru tentang pulaunya

Program volunteer di Bali akan memberi Anda kesempatan untuk melihat masyarakat Bali secara lebih dekat. Karena dengan mengikuti program volunteer, Anda akan tinggal bersama keluarga angkat, dan Anda akan belajar tentang keberagaman, belajar menghargai orang lain, dan banyak lagi. Alih-alih bepergian sebagai turis, menjadi sukarelawan di Bali adalah cara Anda untuk mendapatkan wawasan baru tentang budaya, gaya hidup, bahasa, dan hal-hal penting lainnya yang diterapkan di Bali.

2. Nikmati air tropis

Bali menawarkan beberapa program volunteer yang mengharuskan Anda bekerja hampir sepanjang waktu di laut. Jadi, jika Anda ingin melakukan aktivitas menarik seperti scuba diving atau snorkeling, program itu bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda! Anda akan dapat melakukan aktivitas yang sama seperti yang biasa Anda lakukan pada liburan biasa sambil melakukan hal-hal baik secara bersamaan di area lautan yang sama yang Anda nikmati!

3. Dapatkan pengalaman profesional

Menjadi sukarelawan di Bali memungkinkan Anda untuk mengambil bagian dalam program yang profesional, berkelanjutan, dan berjalan lama. Bergabung dengan program relawan yang sesuai dengan latar belakang Anda pasti akan bermanfaat untuk masa depan Anda. Itu karena Anda akan dapat memperoleh pengalaman profesional sambil juga membawa sesuatu kepada masyarakat selama program sukarelawan.

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Volunteer di Bali

Persiapan menjadi volunteer di Bali mengharuskan Anda memperhatikan beberapa hal penting yang perlu diketahui sebelumnya. Untuk mendapatkan pengalaman terbaik dari program relawan, ada baiknya Anda mendapatkan pemahaman yang jelas agar Anda tidak merasa kecewa di tengah-tengahnya. Berikut beberapa hal yang perlu diketahui sebelum menjadi volunteer di Bali:

1. Hormati budayanya

Menghormati budaya adalah hal yang penting untuk diingat selama masa volunteer Anda. Selain menghargainya, Anda juga dapat mempelajari sesuatu, serta berbagi dan mendengarkan mereka. Sebagai orang luar, Anda harus selalu melakukan yang terbaik untuk menghormati adat dan tradisi setempat.

2. Anda mungkin memerlukan visa

Itu tergantung pada durasi program Anda, tetapi ingat bahwa jika tinggal lebih dari 30 hari maka Anda memerlukan visa yang harus diatur sebelum kedatangan Anda. Selalu pastikan dengan host program tentang rincian program untuk menghindari masalah di masa depan.

3. Sebagian besar program tidak gratis

Sebagian besar program volunteer di Bali tidak gratis. Tapi, satu hal yang pasti adalah semua program cukup murah. Dibandingkan dengan destinasi lainnya, menjadi volunteer di Bali masih menjadi salah satu pilihan terbaik yang Anda miliki.

4. Cuacanya akan panas

Suhu rata-rata tahunan di Bali hanya di atas 80 derajat. Namun beberapa daerah seperti pegunungan masih memiliki suhu yang lebih dingin. Mempertimbangkan iklim dan budaya sebelum kedatangan akan membantu Anda memilih barang-barang yang dibutuhkan.

7 Program Relawan Terbaik di Bali

Jika ini adalah pengalaman sukarelawan pertama Anda, Anda mungkin akan sedikit bingung dan gugup dalam memilih program. Oleh karena itu, kami telah mengumpulkan beberapa relawan terbaik dalam program yang dapat menjadi pertimbangan Anda.

1. International Volunteer Headquarters (IVHQ)

Dengan IVHQ, Anda dapat berpartisipasi dalam program yang mendukung upaya konservasi yang bertujuan untuk mewujudkan beberapa perbaikan lingkungan sekitar, seperti pembersihan pantai, peningkatan pengelolaan limbah, dan mendidik penduduk setempat tentang masalah yang dihadapi penyu di Indonesia dan apa yang bisa dilakukan. dilakukan untuk membantu.

Selain program isu konservasi, IVHQ juga menawarkan program yang bekerja di beberapa bidang seperti Pendidikan, Medis, Pengembangan Masyarakat, dan Margasatwa. Sekarang Anda tahu mengapa menguraikan tujuan Anda sebelum memilih itu penting, bukan?

Situs web: www.volunteerhq.org

2. GoEco

volunteer di bali bersama goeco
Sumber: volunteerforever.com

GoEco memiliki beberapa pilihan program antara lain pengajaran, pembinaan, dan pendidikan kesehatan di desa Ubud. Yang membuatnya lebih baik adalah, sebagian besar program akan memungkinkan Anda untuk merasakan suasana Ubud yang tenang dan santai.

Mereka semua bekerja untuk memperkuat komunitas lokal. Berpartisipasi dalam program sukarelawan GoEco di Bali akan membuat Anda melihat dampak langsung dari pekerjaan Anda. Selanjutnya, setiap penempatan GoEco dimulai dengan aktivitas dan tur budaya yang terencana selama seminggu. Dengan GoEco, Anda dapat berpartisipasi dalam pengajaran, konstruksi, dan pendidikan kesehatan terkait relawan.

Situs web: www.goeco.org

3. Program ARCC

volunteer di bali bersama arcc
Sumber: adventurescrosscountry.com

Menjadi volunteer dengan Program ARCC dianggap sebagai salah satu perjalanan atau pengalaman paling mengubah hidup dan menginspirasi yang pernah Anda miliki. Program ini akan memungkinkan Anda bertemu orang-orang luar biasa selama 1-2 minggu atau 2-4 minggu proyek Anda.
Beberapa pilihan program dengan ARCC adalah memulihkan habitat alami orangutan, merehabilitasi hutan hujan yang sehat untuk harimau dan gajah, dan membantu memperbaiki infrastruktur di desa-desa Bali yang miskin. Semua program tersebut adalah kesempatan besar bagi Anda untuk berpartisipasi dalam upaya penyelamatan kehidupan satwa liar.

Situs web: www.adventurescrosscountry.com

4. Gili Shark Conservation

volunteer di bali bersama gili shark conservation
Sumber: gilisharkconservation.com

Bagi mereka yang ingin mendapatkan pengalaman konservasi, penelitian, atau menyelam, ini pasti untuk Anda! Program Konservasi Hiu Gili biasanya berlangsung selama 2-12 minggu selama musim panas, dan tujuan utama dari program ini adalah untuk mengumpulkan data tentang perlindungan laut dan memahami populasi hiu asli.

Situs web: www.gilisharkconservation.com

5. International Working Holidays

Berpartisipasi dalam program volunteer oleh Hari Libur Kerja Internasional akan memberi Anda pengalaman luar biasa di mana Anda akan dapat bertemu dan berinteraksi dengan penduduk setempat, bahkan penyu. Berdiri untuk mendukung tren anti-plastik yang bertujuan untuk melindungi penyu, program ini memiliki hibah yang diarahkan dengan hasil nyata.

Situs web: iwh.co.nz

6. Volunteering Solutions

Volunteering Solutions telah bermitra dengan organisasi lokal Bali untuk menyediakan dan mendukung sistem pendidikan di Bali, khususnya di daerah Ubud dan Gianyar. Ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk mendapatkan pengalaman mengajar sambil melakukan sesuatu yang sedikit lebih bermakna. Program ini juga memungkinkan Anda untuk mengikuti beberapa kursus meditasi lokal atau program yoga.

Situs web: www.volunteeringsolutions.com

7. ELI Abroad Bali

Biasanya berlangsung selama 2-12 minggu, Eli Abroad Bali memiliki program volunteer yang bersifat amal dan berfokus pada pendidikan. Berpartisipasi dalam program mereka akan membuat Anda terlibat dalam komunitas lokal untuk pengalaman budaya dan pengembangan profesional.

Situs web: www.eliabroad.org

Dan itu saja! Semoga tips dan rekomendasi program kami dapat membantu Anda dalam mempertimbangkan untuk mengikuti program volunteer di Bali.

Baca juga: 10 Toko Bahan Makanan Online Bali: Toko-toko Terlengkap


Ingin mencari pilihan rental untuk liburan kamu di Bali? Flokq mempunyai beberapa pilihan rental di Bali dengan harga yang sangat terjangkau. Kunjungi Flokq atau klik tombol di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut.

KLIK UNTUK MELIHAT PILIHAN RENTAL DI BALI

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *