10 Ide Warna Cat Dinding untuk Luar Rumah selain Putih, Unik dan Tidak Membosankan!

Rumah-rumah di Indonesia, terutama yang di perumahan, biasanya memiliki cat dinding luar rumah (eksterior) berwarna netral yang tidak jauh berbeda, seperti putih atau krem. Saking umumnya, mungkin kamu merasa cat tembok warna putih terlihat membosankan karena jarang ada variasi warna.

Warna Cat Dinding Eksterior Rumah Selain Putih

Bosan dengan cat tembok luar rumah warna putih? Ingin bereksplorasi dengan warna lain? Nah, berikut ini 9 ide warna cat dinding luar (eksterior) rumah selain putih yang tetap oke:

1. Warna abu-abu

Kalau kamu ingin warna cat dinding selain putih tetapi masih netral, warna abu-abu cocok, nih. Kamu bisa memadukan warna abu-abu dengan hampir semua warna, sehingga warna ini bisa dijadikan warna dasar untuk cat dinding rumahmu. Warna abu-abu muda merupakan warna yang cenderung cerah dan tidak mencolok, sedangkan warna abu-abu tua lebih tegas, tetapi tidak mencolok. Selain itu, warna abu-abu juga membuat rumahmu memiliki kesan minimalis, lho, karena banyak rumah model minimalis yang menggunakan warna abu-abu!

2. Warna krem

Warna netral lain untuk cat tembok luar rumah yang tidak jauh berbeda dari warna putih adalah warna ivory dan krem (beige). Kedua warna ini memberi kesan kalem, klasik, dan santai. Warnanya yang kalem cocok banget untuk kamu yang tidak mau warna cat tembok luar rumah yang mencolok. Warnanya yang tergolong netral membuat warna ivory atau beige bisa kamu gunakan sebagai cat warna dasar untuk dipadukan dengan warna lain.

3. Warna biru

Siapa yang suka warna biru? Warna ini memang sering dipakai sebagai cat dinding rumah. Warna biru dikenal dengan memberi kesan tenang, lembut, dan rileks, terutama warna biru muda atau biru pastel.

Sedangkan, warna biru tua (navy) bisa memberikan kesan yang lebih bold, tetapi tidak mencolok. Berbeda dengan warna biru muda, warna navy memiliki kesan yang lebih dewasa.

4. Warna kuning

Secara psikologis, warna kuning dianggap sebagai warna yang ceria, hangat, dan memberi semangat. Sebagai warna yang cerah, warna kuning cocok, nih, untuk kamu yang periang, hangat, dan energik.

Kamu bisa memilih berbagai spektrum warna kuning, dari kuning pucat, kuning terang, hingga kuning mustard. Jangan takut juga untuk memadukan cat dinding warna kuning dengan cat dinding warna lain, ya!


Baca juga: 10 Desain Ruangan Warna Kuning, Cerah dan Bikin Semangat!


5. Warna merah bata atau marun

Warna merah memang tergolong warna yang tegas dan mencolok, sehingga mungkin tidak banyak rumah yang menggunakan cat tembok warna merah sebagai warna cat eksterior rumah. Namun, warna merah sebenarnya oke juga, lho, sebagai warna cat  luar rumah! Kamu bisa memilih warna merah bata (brick) atau merah marun yang bold, tetapi tetap enak dilihat dan memberi kesan klasik. Dengan pemilihan warna yang tepat, rumahmu justru akan terlihat stand out!

6. Warna pink

Warna pink juga bisa kamu gunakan untuk cat tembok luar rumah, lho. Kalau kamu ingin tampilan eksterior rumah yang berbeda dan unik, warna pink bisa menjadi opsi. Bagaimana supaya tidak terlalu mencolok? Kamu bisa memilih warna pink muda atau pink pastel yang memberi kesan lembut.

Pemilihan warna pink sebagai cat dinding luar rumah bisa memberikan kesan yang berbeda, tergantung dari warna cat dan gaya rumah yang kamu pilih. Kamu juga bisa, lho, memadukan warna pink dengan warna netral lainnya seperti putih, abu-abu, atau bahkan biru navy!


Baca juga: 5 Kombinasi Warna Pink untuk Desain Interior


7. Warna hijau tua

Warna hijau terang mungkin akan terlihat mencolok, ya, tetapi warna hijau tua atau hijau ‘tentara’ sebenarnya bisa memberikan kesan rumah yang hangat. Kalau kamu suka alam, warna hijau yang mirip dengan pepohonan juga memberi kesan alami, lho! Selain itu, warna hijau tua ini bisa memberikan kesan vintage atau rustic, apalagi kalau dikombinasikan dengan elemen-elemen kayu.

8. Warna coklat tua

Warna coklat tua mungkin mengingatkan kita akan warna kayu. Selain memiliki kesan natural seperti kayu, warna ini juga bisa memberi kesan klasik untuk rumahmu. Walaupun termasuk warna yang gelap, warna coklat tua tidak mencolok dan terkesan homey. Kalau kamu memiliki banyak tanaman hijau atau halaman di luar rumah, cat dinding warna coklat akan menjadi kombinasi yang cocok, lho.

9. Warna hitam

Mungkin kamu bingung karena jarang melihat rumah dengan cat dinding warna hitam, tetapi warna hitam adalah salah satu warna yang hampir tidak pernah salah. Sama seperti baju, warna hitam bisa berdiri sendiri atau pun dipadukan dengan warna lain. Namun, untuk cat dinding luar rumah, kamu harus pintar-pintar memilih tipe cat dan warna kombinasinya. Kalau kamu mencari warna aman, kamu bisa mengombinasikan cat tembok warna hitam dengan warna netral lain seperti abu-abu atau putih. Kesannya timeless, lho!


Itulah 9 inspirasi warna cat dinding eksterior rumah selain warna putih. Untuk kamu yang bosan dengan cat tembok warna putih, bisa dicoba, nih. Tipsnya adalah memilih warna yang tepat yang sesuai dengan preferensi dan gaya rumahmu.

Nah, warna apa yang menurutmu paling menarik?

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Apartemen dengan Lapangan Bola: Cocok untuk Penggemar Sepak Bola

5 Apartemen dengan Lapangan Bola: Cocok untuk Penggemar Sepak Bola

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

10 Tempat Makan dan Hangout Dekat Apartemen Sudirman Park

10 Tempat Makan dan Hangout Dekat Apartemen Sudirman Park

15 Daftar Toko Furnitur di Bali dengan Plihan Perabot Terbaik

15 Daftar Toko Furnitur di Bali dengan Plihan Perabot Terbaik

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *