15 Tempat Terbaik untuk Snorkeling dan Diving di Bali

Bali merupakan pulau ikonik di Indonesia yang diminati oleh wisatawan dari seluruh dunia. Ada ribuan destinasi wisata, budaya dan kuliner yang menggiurkan untuk Anda jelajahi, Flokqers. Wisata yang paling menonjol di Bali adalah wisata pantai dan budayanya. Tak perlu dikatakan lagi, hampir semua pantai di pulau Bali memiliki keindahan yang luar biasa. Jadi wajar jika Bali adalah salah satu wisata snorkeling dan diving favorit dunia.

Berikut 15 spot terbaik untuk snorkeling dan diving di Bali yang wajib Anda kunjungi, yang semuanya punya keunikannya masing-masing!

1. Pulau Menjangan

Rekomendasi diving spot yang pertama adalah Pulau Menjangan, yang terletak di Teluk Terima. Tepatnya di kawasan Taman Nasional Bali Barat, Jalan Raya Singaraja, Gilimanuk. Pulau ini merupakan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah.

Di kawasan pulau ini terdapat banyak spot snorkeling yang akan membuat Anda takjub. Jika menunggu air laut sedikit surut, Anda bisa snorkeling sedikit ke tengah, disuguhkan pemandangan bawah laut yang luar biasa indah dengan ikan warna-warni dan tentunya karang yang indah.

Jika bosan dengan rutinitas sehari-hari, akan sangat cocok jika Anda memutuskan untuk berlibur ke pulau ini. Di sekitar Pulau Menjangan banyak terdapat resort mewah hingga guest house murah meriah. Ini benar-benar pereda stres yang hebat.

menjangan
Menjangan Diving Bali

Anda juga bisa menyewa peralatan snorkeling dan diving di sini. Waktu tempuh yang ditempuh ke tempat ini sekitar 3-4 jam jika ditempuh dari Denpasar ke arah barat, melewati kabupaten Negara.

Lumayan jauh, tapi sepadan karena keindahan pemandangan yang akan kamu lihat di bawah lautnya.

2. Pemuteran

Pemuteran merupakan wisata bahari yang juga merupakan tempat penangkaran terumbu karang yang sangat populer. Wilayah Pemuteran terletak sekitar 30 km dari Gilimanuk, atau 55 km di sebelah barat Singaraja.

Lokasinya cukup jauh, namun kawasan Pemuteran sangat sepi dan jauh dari hiruk pikuk kota, yang dijamin bikin kamu lebih segar dan tenang. Snorkeling dan diving di kawasan ini hanya bisa dilakukan pada pagi hari saat permukaan air tidak terlalu tinggi.

3. Lovina

Berbicara tentang Pantai Lovina pasti langsung teringat dengan wisata lumba-lumba, bukan? Tempat ini tidak hanya tentang wisata lumba-lumba, tetapi juga tempat yang sangat bagus untuk pecinta snorkeling.

lovina bali
Lovina Diving Bali

Harga paket wisata lumba-lumba dan snorkeling untuk dewasa di Lovina biasanya berkisar Rp 200.000 per orang. Ini sangat murah, Anda harus mencobanya!

4. Tulamben

Tulamben adalah spot favorit para penyelam dari seluruh dunia. Pasalnya, kawasan wisata ini terkenal dengan biota lautnya yang luar biasa indah. Spot diving ini juga dihiasi dengan berbagai jenis ikan warna-warni dan ikan berukuran sedang yang sangat cantik.

tulamben
Tulamben Diving Bali

Saat diving di Tulamben, Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan kapal karam di dasar laut bernama USAT Liberty Glo milik Amerika Serikat. Cobalah, guys!

5. Teluk Jemeluk, Amed

Amed memiliki banyak tempat snorkeling dan diving yang populer. Seperti Teluk Jemeluk yang letaknya cukup dekat dengan Pantai Wina. Bagi pemula yang ingin mencoba snorkeling, Teluk Jemeluk adalah tempat yang tepat untuk Anda.

Teluk Jemeluk Diving Bali
Teluk Jemeluk Diving Bali

Anda tidak perlu pergi ke tengah, bahkan di pantai pun Anda bisa melakukan snorkeling karena pemandangan di pantai Teluk Jemeluk sudah sangat indah. Ingin mencoba?

6. Pantai Vienna, Amed

Letaknya yang tidak jauh dari Teluk Jemeluk membuat pantai indah ini sering menjadi incaran para wisatawan untuk snorkeling dan diving. Lokasinya yang juga cukup jauh dari hiruk pikuk kota ini sayang untuk dilewatkan bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu dengan alam.

Pantai Vienna Diving Bali
Pantai Vienna Diving Bali

Hampir mirip dengan Teluk Jemeluk, Pantai Vienna memiliki banyak biota laut dengan terumbu karang yang indah. Tempatnya juga instagrammable untuk koleksi foto kamu.

7. Bangkai Kapal Jepang, Amed

Mirip Tulamben, Amed juga punya spot dengan pemandangan bangkai kapal. The Japanese Ship Wreck terletak di Teluk Lipah di Amed.

Amed Diving Bali, Bangkai Kapal Jepang
Amed Diving Bali, Bangkai Kapal Jepang

Keindahan biota laut di sini luar biasa. Terumbu karang yang tumbuh secara alami di bangkai Kapal Jepang memberikan eksotisme tersendiri bagi para perenang snorkel dan penyelam. Kamu tidak akan kecewa.

8. Manta Point, Nusa Penida

Nusa Penida merupakan pulau di Bali yang memiliki spot paling asik untuk snorkeling dan diving. Banyak banget, liburan satu hari di pulau ini nggak cukup ya guys! Salah satu tempat paling umum yang dikenal wisatawan adalah Manta Point.

Manta Point merupakan spot terbaik untuk melihat ikan manta alias ikan pari. Biasanya pada pagi hari, manta akan berjemur di permukaan laut, dan inilah waktu yang tepat untuk berkenalan dengan manta tersebut.

Jangan takut ya guys. Dikatakan bahwa manta di sini telah dihilangkan ekornya yang beracun dan mematikan. Sehingga aman bagi penyelam. Namun, Anda tetap harus waspada dan berhati-hati.

Manta point biasanya lebih cocok untuk perenang snorkel dan penyelam berpengalaman yang memiliki semangat adrenalin tinggi. Pasalnya, kedalaman laut di tempat wisata ini mencapai 10-25km. Wah bisa dibayangkan seperti apa ya?

9. Crystal Bay, Nusa Penida

Spot paling terkenal kedua di Nusa Penida adalah Crystal Bay. Nah, kawasan ini adalah surganya para penyelam. Mengapa? Ini adalah tempat yang berharga untuk melihat mola-mola.

Bukan hanya ikan Mola-mola. Kawasan ini juga terkenal dengan biota lautnya yang indah. Jika Anda suka menonton film Nemo, di sini Anda bisa bertemu Nemo, Marlyn, Dory dan teman-temannya. Terumbu karangnya juga sangat indah, jangan sampai kamu melewatkan spot ini!


Baca juga: 8 Wahana Waterpark Seru di Bali untuk Liburan yang Menyenangkan!


10. Nusa Lembongan

Anda tidak perlu meragukan keindahan Nusa Lembongan. Pulau yang terkenal dengan pantai birunya yang eksotis ini memiliki empat spot keren yang disukai oleh para perenang snorkel dan penyelam di dunia.

Nusa Lembongan Diving Bali
Nusa Lembongan Diving Bali

Pertama-tama kita mulai dari utara pulau yang merupakan pantai dekat dengan kawasan hutan mangrove. Di kawasan ini banyak terdapat ikan-ikan kecil yang lucu dan merupakan spot yang aman bagi anda yang baru pertama kali diving karena kedalamannya hanya sekitar 2 meter.

Selanjutnya terletak di kawasan Teluk Lembongan, Pantai Mushroom, dan Blue Corner yang cocok untuk spot diving, karena letaknya yang cukup jauh dari bibir pantai. Di sini Anda bisa menikmati berbagai jenis wisata air selain snorkeling dan diving seperti olahraga air, sea walker, atau lompat tebing. Jadi, pastikan kamu tidak melewatkan spot ini!

11. Pantai Blue Lagoon, Padang Bai

Bisa dikatakan Kabupaten Karangasem merupakan surganya wisata air untuk snorkeling dan diving, salah satunya adalah Pantai Blue Lagoon.

Blue Lagoon Diving Bali
Blue Lagoon Diving Bali

Kawasan ini memiliki biota alam bawah laut yang sangat indah. Tak hanya di Nusa Penida, di sini kamu juga bisa melihat ikan pari lho! Ditambah lagi, Blue Lagoon sendiri punya banyak sekali spot keren untuk kamu yang suka berfoto.

12. Sanur

Tempat snorkeling dan diving ini terletak di kota Denpasar, sekitar 30 menit dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Sanur terkenal dengan pantainya yang tenang, terumbu karang, dan ikan yang indah.

Jika Anda mengunjungi Bali, Sanur adalah tempat yang tidak boleh Anda lewatkan.

13. Pulau Serangan

Tak hanya Sanur, Pulau Serangan juga terletak di kota Denpasar tepatnya 13 kilometer dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Selain terkenal dengan konservasi penyu, Serangan juga menjadi tempat favorit wisatawan untuk melakukan snorkeling.

Diving di Pulau Serangan Bali Bersama Hiu

Pasalnya, kawasan ini memiliki Taman Safari bawah laut yang menyuguhkan aneka biota laut dan terumbu karang yang luar biasa indah. Taman Safari ini digagas oleh para nelayan di kawasan tersebut, yang berupaya untuk terus mengoptimalkan pengembalian keanekaragaman hayati laut yang telah rusak akibat reklamasi.

14. Tanjung Benoa

Tempat snorkeling dan diving ini umumnya tempat wisata air yang paling banyak dikunjungi di Bali. Tidak hanya menyuguhkan keindahan bawah laut yang luar biasa, tempat ini juga memiliki watersport terbaik di Bali.

Tanjung Benoa Bali Diving

Lokasi Tanjung Benoa cukup dekat dengan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, yaitu sekitar 30 menit ke arah selatan menuju Nusa Dua. Harga paket snorkeling disini mulai dari Rp 95.000. Murah banget dan kamu tidak perlu jauh-jauh untuk menemukan spot snorkeling yang keren.

15. Pantai Melasti, Ungasan

Pantai yang terletak di Desa Ungasan. Kabupaten Badung sibuk dalam beberapa tahun terakhir. Kawasan yang menjadi kawasan pantai privat untuk beberapa resort mewah berbintang lima ini menjadikan Pantai Melasti sebagai pantai yang paling sering digunakan sebagai tempat foto prewedding maupun acara pernikahan kecil-kecilan bagi sebagian wisatawan mancanegara.

Melasti Ungasan Diving Bali

Anda akan dibuat terkesima dengan ikan-ikan kecil, terumbu karang yang lucu, pasir putih yang cemerlang, dan birunya laut yang begitu menenangkan di pantai ini. Yang lebih menakjubkan adalah semua yang bisa Anda nikmati secara gratis! Tidak ada biaya parkir, tidak ada tiket masuk, Anda hanya perlu menyiapkan peralatan snorkeling sendiri, Flokqers!


Nah itulah 15 spot wisata air yang cocok untuk aktivitas snorkeling dan diving di Bali. Jangan hanya nongkrong di Kuta, Ubud, Nusa Dua, atau Seminyak. Masih banyak tempat keren di Bali yang perlu kamu kunjungi. Nikmati pengalaman diving and snorkeling di laut Bali, Flokqers!


waterborn Bali(baliria)canggu (3).jpg
Waterborn Bali, Canggu

Sedang mencari pilihan sewa untuk liburan Anda di Bali? Flokq punya banyak pilihan kamar dan coliving di Bali dengan fasilitas beragam dan harga yang terjangkau! Klik tombol di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Click Here to Check Out More Flokq’s Homes

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Restoran Terbaik Dekat Bali Zoo: Dari Masakan Tradisional hingga Barat!

5 Restoran Terbaik Dekat Bali Zoo: Dari Masakan Tradisional hingga Barat!

13 Rekomendasi Restoran Italia di Bali, Dijamin Enak!

13 Rekomendasi Restoran Italia di Bali, Dijamin Enak!

7 Waterpark Bali, Cocok Untuk Liburan Bersama Keluarga!

7 Waterpark Bali, Cocok Untuk Liburan Bersama Keluarga!

9 Restoran Thailand di Bali: Rating Tinggi dan Menggugah Selera

9 Restoran Thailand di Bali: Rating Tinggi dan Menggugah Selera

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *