Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Apartemen Baru

Tidak gampang untuk menemukan apartemen yang sempurna. Diperlukan riset berbulan-bulan untuk memikirkan apakah sudah sesuai atau belum, dan belum lagi waktu yang dihabiskan untuk mengunjungi tempat tersebut. Akhirnya, waktu pindahan tiba dan menjadi hal yang ditunggu-tunggu. Rasanya seolah semua beban tiba-tiba terbayar. Tapi, sebelum pindah ke apartemen baru, sudahkah kamu memeriksa semua aspek penting yang dibutuhkan? Sebelum memutuskan tempat tinggal yang dipilih, berikut beberapa tips dalam memilih apartemen baru.

Harga

Pertama dan yang paling utama sebelum memilih apartemen baru, pastikan kamu mampu membayar sewa atau biaya cicilan. Kamu perlu mempertimbangkan anggaran dengan serius. Tentukan jenis apartemen yang kamu inginkan beserta harganya. Jika kamu bersedia membayar harga tinggi karena alasan tertentu, kamu perlu mencari cara lain untuk mengurangi pengeluaran atau mungkin perlu mencari teman sekamar untuk membantu menutupi biaya. Selain itu, perlu diingat bahwa jika harga sewa apartemen sangat rendah dibandingkan dengan penyewaan tempat tinggal lain di area ini, hal tersebut dapat menjadi tanda tanya besar. Intinya: Pastikan kamu mengetahui pasar sebelum melihat apartemen dan menegosiasikan harga.

Memilih lokasi apartemen

Lokasi

Sebelum memilih apartemen baru, letakkan beberapa parameter sebagai pemilihan lokasi. Cukup sulit ketika kita dihadapi dengan kelebihan dan kekurangan sekaligus, antara lokasi yang bagus tetapi ruang terbatas atau lokasi kurang strategis tetapi ukuran apartemen luas. Sebelumnya, pilih prioritasmu terlebih dahulu, pilih yang paling mempengaruhi kehidupanmu. Apakah tempat ini akan membuat kamu bangun 2 jam lebih awal dari waktu normal karena jarak perjalanan? Apakah kamu akan menghabiskan banyak waktu di apartemen untuk menikmati ruang tamu yang besar? Tanyakan pada dirimu sendiri dengan banyak pertanyaan tentang lokasi apartemen. Setelah itu, pilih yang paling cocok untukmu.

Baca juga: Hal yang Dilakukan setelah Sampai di Apartemen Baru

Tata letak ruangan

Apa yang kamu rasakan saat membuka pintu? Apakah tempat itu terlalu terbuka? Apakah akan mendapatkan cukup sinar matahari? Banyak orang hanya memperhatikan ruangan berbentuk persegi yang sangat lowong di depan mereka dan membayangkan apa yang bisa mereka lakukan untuk mengisinya. Namun, cara pemanfaatan ruang juga sama pentingnya. Jumlah ruang antara kamar, jendela, dan fitur fisik lainnya dapat membuat tampilan apartemen berbeda.

Penting untuk memvisualisasikan furnitur yang kamu inginkan di setiap kamar saat memilih apartemen baru, dan menentukan apakah apartemen itu sesuai dengan kebutuhan ruanganmu. Perhatikan baik-baik tata letak kamar tidur. Tergantung apakah pintu lemari mengenai jendela, pintu menuju kamar, atau mungkin kamu hanya memiliki satu spot dimana tempat tidurmu akan muat. Selanjutnya, pastikan setiap pintu bisa dibuka tanpa membentur sesuatu.

Tata letak ruang apartemen

Ukuran kamar apartemen

Baik itu studio, satu kamar tidur, dua kamar tidur, tiga kamar tidur, atau unit penthouse. Biasanya jika kamu tinggal sendiri atau dengan orang terdekat, kamu akan menemukan bahwa tipe studio atau satu kamar tidur sangat cocok. Luas jenis ini kurang lebih 27 meter persegi sampai dengan 55 meter persegi. Tipe dua kamar tidur atau lebih, ideal untuk pasangan dengan satu atau dua anak atau yang membutuhkan kamar cadangan dan cocok jika memiliki teman sekamar karena mereka memberimu berdua ruang sendiri. Jenis dua kamar tidur dapat mencakup lebih dari satu kamar mandi.

Penyewaan apartemen mewah seringkali mencakup satu kamar mandi sentral dan kamar mandi kedua yang hanya dapat diakses melalui kamar tidur utama, yang pada dasarnya adalah kamar mandi pribadi. Selain jumlah kamar tidur, tentukan jumlah kamar mandi yang diinginkan. Apartemen yang lebih kecil seperti studio dan satu kamar tidur hampir selalu hanya memiliki satu kamar mandi, tetapi unit dua kamar tidur dan tiga kamar tidur yang lebih besar mungkin memiliki satu atau dua kamar mandi.

Baca juga: Barang yang Harus Dimiliki di Apartemen Baru

Gym, salah satu fasilitas aparteemen

Fasilitas

Saat memilih apartemen, pastikan untuk mempertimbangkan fasilitasnya. Jika kamu menyewa di gedung apartemen, kamu perlu memastikan fasilitasnya sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan dasarmu. Misalnya, apakah kamu memerlukan keamanan 24 jam atau CCTV? Apakah gedungnya memiliki gym atau ada gym yang terlihat di dekatnya? Apakah ada mesin cuci dan pengering di gedung apartemen Anda? Bagaimana perjalanannya? Apa ada laundry di dekat sini? Apakah ada restoran atau toko di sekitar sini? Kemungkinannya adalah, jika anggaranmu terbatas, kamu harus melakukan beberapa kompromi, seperti berjalan ke laundry atau menempuh perjalanan yang lebih lama. Apapun pertimbangannya, pastikan kamu bisa hidup dengan situasi tersebut sebelum menandatangani kontrak.

Kualitas

Kamu tidak ingin membayar lebih dari apa yang kamu peroleh, bukan? Masalah bagi penghuni apartemen saat ini adalah mereka harus membayar kamar ekstra di apartemen mereka sementara mereka tinggal sendiri. Tentunya kamu bisa menghindari masalah ini jika menemukan apartemen yang tepat di lokasi impian Anda. Tapi terkadang segalanya tidak semudah itu. Karena nyatanya banyak orang yang terjebak dalam situasi ini. Terkadang lokasi sudah sesuai, tapi sayangnya tidak ada lagi satu unit apartemen yang tersisa. Untuk mengatasi cara lain ini, kamu juga bisa berbagi dengan orang lain.

Masalah lain mungkin adalah bangunan yang terlalu tua sehingga beberapa fasilitas tidak berfungsi dengan baik, seperti water heater atau AC. Itulah kenapa kamu perlu memeriksa apartemen secara langsung sebelum menandatangani sewa. Periksa hal-hal kecil yang mungkin diabaikan orang seperti gagang pintu, listrik, alarm kebakaran, dan lain-lain. Hal ini membantumu mencegah hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Jangan Berasumsi Hal Ini saat Pindah ke Apartemen Baru

Biaya Perawatan

Jangan lewatkan biaya perawatan! Selain sewa bulanan, kemungkinan besar kamu harus membayar berbagai biaya perawatan selama tinggal di sana. Biaya perawatan meliputi air, gas, AC, saluran pembuangan, sampah, dan listrik. Kamu harus membayarkan apa yang menjadi tanggung jawabmu sendiri. Beberapa fasilitas mungkin sudah termasuk dalam biaya sewa. Selain itu, saat memilih apartemen baru, jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan tentang siapa yang membayar untuk apapembagian pembayaran dan pastikan untuk memeriksa ulang dengan pemilik sebelum menandatangani kontrak.

Inilah beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam memilih apartemen baru. Tips memilih apartemen baru ini dapat membantu kamu untuk mempertimbangkan berbagai macam aspek. Ingat untuk selalu periksa dan periksa kembali jangan sampai meninggalkan sesuatu yang penting. Jika kamu sudah siap, nikmati proses pindahanmu!

Cek di sini untuk menyewa apartemen dengan harga affordable di Jakarta!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Apartemen Kalibata Murah Terbaik Versi Flokq!

5 Apartemen Kalibata Murah Terbaik Versi Flokq!

Apartemen Mewah di Sudirman: 7 Rekomendasi Terbaik

Apartemen Mewah di Sudirman: 7 Rekomendasi Terbaik

10 Rekomendasi Kost Jakarta Selatan: Sewa Kamar Apartemen Mewah di Bawah 6 Juta

10 Rekomendasi Kost Jakarta Selatan: Sewa Kamar Apartemen Mewah di Bawah 6 Juta

9 Rekomendasi Sewa Apartemen Jakarta Timur Dengan Akses Strategis

9 Rekomendasi Sewa Apartemen Jakarta Timur Dengan Akses Strategis

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *