8 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Taman Nusa Gianyar

Bali merupakan salah satu destinasi wisata terfavorit bagi domestik dan internasional. Keindahan alamnya menjadi sorotan bagi banyak orang yang ingin pergi mencari ketenangan dan suasana yang berbeda. Banyaknya obyek wisata membuat para wisatawan bisa memilih tempat untuk menghabiskan waktu dengan keindahan alam. Salah satunya adalah obyek wisata Taman Nusa Gianyar.

Taman Nusa Gianyar adalah obyek wisata di pulau Bali yang cocok untuk berbagai kalangan. Apalagi budaya yang masih sangat kental menjadi ciri khas sendiri tempat ini dan membuat banyak orang selalu ingin kembali. Obyek wisata yang terletak di desa Sidan Gianyar ini menyuguhkan pengetahuan tentang budaya dari belahan bumi nusantara. Berikut 10 faktar yang harus kamu ketahui tentang Taman Nusa Gianyar sebelum pergi kesana.

1. Taman budaya terbesar di Bali

Terletak pada laham seluas 15 hektar, tempat ini memberikan konsep sebanyak 60 rumah tradisional dari berbagai etnis di Indonesia. Hal ini menjadikan Taman Nusa Gianyar menjadi taman budaya terbesar yang ada di Bali. Ditambah lokasinya yang ada di pedesaan dan pemandangan langit yang indah membuat atmosfer sekitarnya menjadi asri.

Taman budaya ini bertujuan untuk memudahkan para pengunjungnya semakin mengenal dan memahami budaya Indonesia yang sangat beragam. Kamu juga bisa berfoto dengan latar budaya Indonesia yang unik.

Taman Nusa Gianyar
Source: TravelsPromo

2. Mengenal sejarah Indonesia

Taman Nusa Gianyar sudah resmi buka sejak 2013 dan mendapat banyak sambutan baik dari wisatawan. Bahkan banyak agen perjalanan yang menambahkan obyek wisata ini ke dalam paket perjalanan untuk menambah liburan semakin berkesan. Dari jalur perjalanan yang tersedia, pengunjung akan diperkenalkan dengan mereview perjalanan bangsa Indonesia hingga merdeka.

Mulai dari masa pra sejarah yanng disimbolkan dengan zaman kerajaan mahakarya Candi Borobudur, kemudian lanjut kampung budaya dengan 60 rumah tradisional dari etnis yang beragam. Lalu memasuki masa awal Indonesia dengan patung patih Gajah Mada dan gapura Sumpah Pemuda. Setelah itu, pengunjung bisa merasakan kemerdekaan Indonesia dengan patung proklamator dan era masa kini dengan diaroma miniatur kereta api. Tepatnya lebih dari 50 lokomotif dan gerbongnya.

3. Pemandangan yang indah

Liburan tidak terasa lengkap tanpa mengabadikannya. Kamu bisa mendapatkan hasil foto terbaik karena Taman Nusa Gianyar memiliki wisata alam yang sangat asri. Seperti pemandangan sawah berundak, pemandangan lembah dan jurang dan sungai Melangit. Biasanya sungai ini menjadi rekreasi alam bagi yang suka merasakan sensasi petualangan rafting di Bali dengan operator Bakas Levi Rafting.

Taman Nusa Gianyar
Source: Unsplash

Baca juga: 10 Makanan Khas Bali: Dari Terpopuler hingga Terlangka!

4. Fasilitas pendukung bagi para pengunjung

Selain pemandangan yang indah, Taman Nusa Gianyar juga menyediakan fasilitas pendukung yang memadai. Seperti parkiran yang luas, tidak hanya untuk mobil, tapi juga bus pariwisata yang menampung banyak orang. Sehingga kamu tidak perlu khawatir jika pergi bersama teman-teman atau keluarga dalam jumlah banyak. Selain itu, ada juga kebutuhan makanan ringan dan minuman pada jalur jelajah dengan tujuh kafetaria. Pada akhir perjalanan, kamu juga bisa menikmati santapan yang nikmat pada restoran Dapur Nusa. Mereka menyajikan aneka makanan nusantara, ataupun pada Royal Sidan dengan muna makanan internasional.

Tidak hanya itu, fasilitas lainnya seperti ruang pameran, auditorium, toko souvenir, dan dua sanggar juga ada. Sehingga kamu akan menikmati liburan secara berkesan. Tidak hanya menyuguhkan keindahan alam, tapi sekaligus memanjakan para pengunjungnya.

Taman Nusa Gianyar
Source: Rental Mobil Bali

5. Tiket masuk Taman Nusa Gianyar

Untuk memasuki Taman Nusa Gianyar, tentunya kamu harus membeli tiket terlebih dahulu. Tempat wisata ini buka dari pukul 09.00 – 17.00 WITA. Sedangkan untuk yang memilih harga paket dengan Tari Barong, pementasan seni ini mulai pada pukul 10.30 WITA. Pekat dengan seni Tari Barong juga diperuntukkan untuk grup dengan minimal reservasi 30 orang.

Harga tiket:

  • Paket Budaya (tiket masuk)
    Dewasa: Rp 85.000/orang
    Anak: Rp 70.000/anak
  • Paket Budaya + Lunch (set menu)
    Dewasa: Rp 130.000/orang
    Anak: Rp 90.000/anak
  • Paket Barong
    Dewasa: Rp 135.000/orang
    Anak: Rp 125.000/anak
  • Paket Barong + Lunch (buffet)
    Dewasa: Rp 190.000/orang
    Anak: Rp 10.000/anak

Dengan keterangan:

  • Harga untuk wisatawan domestik
  • Harga anak-anak berlaku dari umur 2-12 tahun
  • Untuk paket tari barong minimum 30 orang
  • Tidak termasuk antar jemput ke hotel.

6. Alamat dan lokasi Taman Nusa Gianyar

Lokasi Taman Nusa berada pada kabupaten Gianyar, salah satu kabupaten dengan banyak obyek wisata populer di Bali. Namun, jika kamu ingin lebih mudah untuk sampai ke Taman Nusa,kamu bisa menggunakan jasa sewa mobil dengan driver Bali. Tentunya para supir sudah memahami jalan dan mengetahui lokasi dengan baik.

Alamat: Jl. Taman Bali – Banjarangkan Banjar Blahpane Kelod, Sidan, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80582.

Source: Bali.bisnis

Baca juga: 9 Rekomendasi Lokasi Work From Bali: Kerja Sambil Refreshing

7. Museum warisan budaya

Setelah kamu puas menjelajahi sejarah hingga kemerdekaan Indonesia, satu hal lainnya yang tidak boleh terlewati selama di Taman Nusa Gianyar adalah pergi ke museum. Ada museum wayang yang menyimpan banyak jenis wayang, seperti Wayang Golek, Wayang Kulit hingga Wayang Suket. Sedangkan, pada Museum Kain, kamu bisa melihat banyaknya jenis tekstil, mulai dari kain ulos, Batik, Tenun Ikat dan lainnya.

Selain itu, pada bagian Museum Etnografi, kamu bisa menemukan Lukisan Panji. Hal menarik lainnya adalah, lukisan ini akan berubah menjadi lukisan kontemporer lainnya saat terkena sinar UV. Sangat menarik bukan?

Source: Rental Mobil Bali

8. Toko souvenir

Rasanya tidak lengkap jika kamu pulang tanpa membawa buah tangan. Kamu bisa membeli souvenir khas Bali di Taman Nusa Gianyar. Tersedia toko souvenir yang menjual berbagai pernak-pernik otentik dari para seniman yang ada di sekitar Taman Nusa. Mulai dari gantungan kunci, kain tradisional, hingga aksesoris yang bisa kamu beli.

Itulah 8 fakta tentang Taman Nusa Gianyar yang sudah kamu ketahui. Semakin tertarik untuk mengunjunginya?Jangan lupa kunjungi website Flokq Bali untuk temukan penginapan terbaik yang dekat dengan Taman Nusa Gianyar.

Baca juga: 4 Komunitas Olahraga Bali & 5 Tempat Nongkrong untuk Dikunjungi

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Restoran Terbaik Dekat Bali Zoo: Dari Masakan Tradisional hingga Barat!

5 Restoran Terbaik Dekat Bali Zoo: Dari Masakan Tradisional hingga Barat!

7 Rekomendasi Tempat Adopsi Hewan di Bali Terpercaya

7 Rekomendasi Tempat Adopsi Hewan di Bali Terpercaya

8 Kursus Bahasa Inggris Terbaik di Bali

8 Kursus Bahasa Inggris Terbaik di Bali

13 Rekomendasi Restoran Italia di Bali, Dijamin Enak!

13 Rekomendasi Restoran Italia di Bali, Dijamin Enak!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *